Di Kantor, Anda Bekerja atau Membuat Karya? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Di Kantor, Anda Bekerja atau Membuat Karya?
Gading Perkasa | Works

Secara sekilas, bekerja atau membuat karya merupakan dua hal serupa namun tak sama. Kedua kata ini sering dipakai untuk menggambarkan situasi seseorang saat berada di kantor.

membuat karya - male Indonesiapexels.com

Sebagian pria senang disebut bekerja, dan lainnya merasa bangga ketika disebut membuat karya. Walau demikian, banyak sumber mengatakan bahwa keduanya punya perbedaan yang sangat signifikan.

Nah, sekarang coba MALEnials bayangkan, apakah Anda termasuk pria yang bekerja atau membuat karya di kantor. Beberapa hal bisa menjadi acuan guna menentukannya.

Pekerja Cenderung Spontan, Sementara Pembuat Karya Tahu Tujuan dan Deadline
Mereka yang bekerja umumnya cenderung spontan dan bekerja berdasarkan komando atasan pada hari tersebut. Jangan heran, para pekerja sering kebingungan mengenai apa yang akan mereka kerjakan esok hari.

Berbeda dengan seseorang yang berkarya. Mereka akan membuat catatan di awal hari tentang tugas yang dilakukan, dilengkapi tujuan dan tenggat waktu sehingga lebih terarah. Ternyata beda kan antara bekerja dan membuat karya?

Berkarya Harus dari Hati
Kendati bekerja atau berkarya bermodalkan kemampuan melebihi orang lain, tentu ada perbedaan mendasar. Bekerja bisa mengandalkan kemampuan, asal Anda rutin melakukannya.

Tapi, membuat karya tidak cukup kemampuan semata, melainkan juga dari hati. Anda harus benar-benar berminat untuk memahami dan menjalani setiap prosesnya. Oleh karena itu, hasil karya seringkali dihargai lebih tinggi ketimbang hasil kerja.

Bekerja bisa Menjemukan, Sedangkan Berkarya tidak Demikian
Pekerjaan mungkin saja berubah menjadi sebuah rutinitas yang bikin Anda bosan. Seolah-olah Anda bekerja seperti robot karena tidak adanya perubahan dari hari ke hari, sehingga terbesit pikiran untuk pindah tempat kerja.

Hal ini adalah kebalikan dari berkarya. Lantaran selalu menjadi aktivitas yang mengharuskan Anda kreatif, menciptakan karya selalu memberikan semangat baru setiap harinya.

So buat Anda yang biasa pindah pekerjaan, boleh jadi Anda bukan sedang berkarya, melainkan bekerja.

Bekerja Hanya Memuaskan Atasan, Sementara Berkarya Memuaskan Diri Pribadi
Pernahkah Anda menyadari bahwa pekerjaan yang Anda lakukan hanya demi menyenangkan atasan ketimbang diri sendiri? Itu artinya, Anda sedang dalam fase bekerja.

Kalau Anda bekerja, maka akan berpatokan pada cara-cara agar atasan senang dengan hasil yang diberikan. Sementara, saat Anda berkarya, yang diutamakan adalah kesenangan dan kepuasan diri sendiri. [GP]

SHARE