Pria Rentan Mati Muda Karena Kebiasan Sepele Ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pria Rentan Mati Muda Karena Kebiasan Sepele Ini
Sopan Sopian | Sex & Health

Hingga sampai saat ini, pola hidup pria masih dianggap tidak begitu lebih baik jika dibandingkan dengan wanita. Atas dasar itulah beberapa hal menunjukan banyak pria yang meninggal di usia muda. Menurut sejumlah penelitian, harapan hidup perempuan dan laki-laki berbeda, yakni usia wanita cenderung lebih panjang dibandingkan pria.

Mati Muda - male Indonesiapexels.com

Perilaku agresif pria yang cenderung nekat dan berani mengambil risiko ketimbang wanita yang selalu memlih cari aman, diduga menjadi salah satu faktornya. Dr Ciara Kelly, seorang dokter dan jurnalis, menguraikan beberapa kebiasaan dan gaya hidup yang paling merugikan pria karena bisa menyebabkan penyakit kronis mematikan.

Makan Berlebihan
Fakta mengungkap pria makan lebih banyak ketimbang wanita. Pria juga lebih banyak makan daging yang berkontribusi pada tingginya kolesterol. Dampak kolesterol yang tinggi adalah terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke di kemudian hari.

Malas Olahraga
Kebiasaan malas olahraga pada pria juga menjadi salah satu faktor kenapa banyak pria meninggal di usia muda. Hal ini sesuai dengan riset yang dilakukan oleh National Institute of Health. Menurutnya, wanita cenderung rajin berolahraga dibandingkan pria. Meskipun kebanyakan alasan wanita berolahraga ialah alasan mendapatkan berat badan yang bagus, bukan soal kesehatan.

Kebiasaan Begadang
Kebiasaan begadang menjadi faktor selanjutnya yang membuat banyak pria meninggal di usia muda. Saat begadang, daya tahan tubuh manusia akan mengalami pelemahan yang cukup signifikan, berbagai penyakit kronis pun lebih rentan menyerang.

Malas Tes Kesehatan
Sebagian besar pria pasti menolak jika diminta untuk melakukan tes kesehatan. Selain karena masalah ego atau percaya diri yang berlebihan, pria selalu enggan ke dokter jika tidak ada sesuatu yang besar terjadi dalam tubuhnya. 

Merokok
Kebiasaan merokok menurut Dr Kelly menjadi faktor utama banyak pria yang mengalami mati di usia muda. Menurutnya, di Irlandia saja 5 dari 10 pria menderita penyakit kronis akibat merokok. Lebih lanjut, 1 dari 10 pria meninggal di usia muda karena kebiasaan tersebut.

Merokok memang menjadi pemicu berbagai penyakit kronis yang dikenal sebagai penyakit mematikan seperti jantung, kanker, dan stroke. Tentu angka yang dilaporkan Dr Kelly di setiap negara berbeda. Bayangkan, di Irlandia yang dikenal sebagai negara maju dan masyarakatnya jauh dari rokok saja memiliki angka kematian akibat rokok yang cukup tinggi. 

Minum alkohol
Richard W. Wilsnack dari University of North Dakota School of Medicine and Health Science, dan rekan peneliti lainnya mengungkapkan dalam hasil riset bahwa laki-laki lebih banyak mengonsumsi alkohol daripada perempuan.

Alkohol yang memiliki kandungan gula dan kalori tinggi menyebabkan Anda mudah mengalami obesitas serta kepadatan jaringan lemak dalam perut. Perlu Anda ketahui bahwa rata-rata segelas minum alkohol mengandung 200 kalori. Bisa Anda bayangkan jika meminumnya lebih dari satu gelas setiap hari. *** (SS)

SHARE