Telinga Sakit Saat Naik Pesawat, Ini Solusinya - Male Indonesia
Telinga Sakit Saat Naik Pesawat, Ini Solusinya
Sopan Sopian | Relax

Sakit telinga atau sensasi 'telinga meletup' di pesawat dikenal dengan istilah Aeroplane Air dan terjadi karena perbedaan tekanan udara di ketinggian berbeda.  Sensasi ini mendadak terasa aneh dan pendengaran seolah berkurang. 

Photo by Bambi Corro on Unsplash

Secara signifikan utama  masalah sakit telinga saat naik pesawat terjadi pada proses tengah melakukan take off maupuin saat landing tiba. Kendati sensasi 'telinga meletup' saat naik pesawat adalah hal wajar, namun kondisi ini tentu dirasa cukup mengganggu. Untuk bisa meminimalisir momen ini dan tidak menggangu waktu liburan Anda, beberapa hal berikut ini bisa dilakukan.

Mengunyak Permen Karet
Mengunyah dan menggerakkan rahang secara konstan bisa membantu menghilangkan sensasi tak nyaman di telinga. Mengunyah di sini tidak perlu harus memakan sesuatu. Anda hanya perlu mengunyah permen karet. 

Lakukan gerakan mengunyah secara perlahan  ketika pesawat hendak take off atau mendarat. Makan permen akan memicu munculnya air ludah dan memaksa Anda untuk menelannya, sehingga saluran tuba akan terbuka dan mengurangi sakit telinga saat naik pesawat.

Lakukan Valsalva Maneuver
Valsalva Maneuver, mungkin dari namanya kurang familiar, namun kemungkinan besar Anda pernah melakukannya atau minimal pernah melihatnya. Untuk mengurangi masalah telinga ketika naik pesawat dengan valsalva maneuver yakni dengan cara menekan hidung dengan jari, ambil napas melalui mulut, dan keluarkan udara secara paksa melalu hidung (hidung tetap dalam kondisi ditutup).

Melakukan Gerakan Menguap
Gerakan menguap ternyata juga bisa membantu menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan luar telinga. Untuk mencegah atau mengurangi dengungan di telinga, lakukanlah gerakan menguap selebar dan sekeras mungkin. Cara tersebut mungkin sedikit aneh bagi Anda namun tergolong efektif mengurangi dengungan. Lakukan gerakan menguap tersebut beberapa kali hingga dengungan telinga berkurang.

Gunakan Ear Plug (Sumbat Telinga) Khusus
Saat ini terdapat ear plug yang terbuat dari karet silikon berukuran kecil yang memiliki filter untuk mengatasi perubahan tekanan udara di kabin pesawat. Ear plug ini dapat diperoleh di apotik atau toko-toko di bandara.

Untuk beberapa kasus, terdapat masalah telinga yang tetap berlangsung meskipun sudah berjam-jam selesai penerbangan. Untuk hal ini, jika masalah masih berlanjut, segera adakan kunjungan ke dokter spesialis THT untuk melakukan pemeriksaan.

Bangun Lebih Awal
Usahakan dalam kondisi sadar setidaknya satu jam sebelum lepas landas. Hal ini akan memberikan kesempatan pada telinga untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tekanan udara di sekitar. Selain itu, berada dalam posisi bangun juga akan bisa membuat Anda dapat melakukan trik-trik seperti di atas. *** (SS)

SHARE