5 Tipe Senyuman Wanita yang Harus Pria Pahami - Male Indonesia
5 Tipe Senyuman Wanita yang Harus Pria Pahami
MALE ID | Relationships

Sebagian orang mengatakan senyum merupakan bentuk ekspresi, menunjukkan kebesaran jiwa dan kelapangan dada. Orang yang selalu menampakkan wajah riang akan wajahnya membuatnya simpatik dan terkesan terbuka kepada siapa saja. 

senyuman wanita seksi - male indonesiaModel: Echa Caesa - Photo: Peter Menderofa

Senyum yang selalu mengembang dari bibir seseorang mampu mencairkan kebekuan, bahkan kecemasan dan keragu-raguan akan lenyap dari wajahnya. Membuat suasana hangat, akrab dan penuh keharmonisan. 

Namun pakar pembaca wajah mengatakan senyuman tak selalu berarti ekspresi senang atau bahagia. Ada banyak emosi yang ternyata bersembunyi di balik senyuman, apakaih itu murni, palsu, menyembunyikan kebohongan, menggoda, dan lain sebagainya.

Senyum Simpul
Senyum ini adalah tipe senyuman yang paling umum dan bisa menunjukkan emosi yang berbeda-beda. Senyuman di mana kedua bibir menutup rapat dan membentuk garis lurus di wajah ini menyiratkan rasa malu atau ketakutan. 

"Senyum yang tulus melibatkan otot di mulut juga mata. Tapi dengan senyum seperti ini, hanya otot mulut yang bergerak dan itu berarti senyumannya tidak tulus. Anda tersenyum hanya karena sebuah keharusan," terang  Jean Haner dalam laman Daily Mail.

Senyum tanpa memperlihatkan gigi juga menyiratkan sesuatu yang sedang dipikirkan tapi berusaha disembunyikan. Intinya, tidak ingin mengumbar perasaan terlalu banyak. Senyum simpul bisa juga merupakan refleksi dari rasa percaya diri seseorang yang tidak perlu diperlihatkan ke semua orang.

Senyum Sekaligus Berpaling Wajah
Jean Haner mengatakan juga bahwa, ketika seseorang melihat ke bawah saat tersenyum, bisa jadi tanda sifat pemalu dan mawas diri dan kurangnya kepercayaan diri, terutama jika mereka juga menutupi mulutnya dengan tangan. Namun pada beberapa orang, senyuman ini sengaja dilakukan untuk memikat seseorang.

Senyum Menyeringai
Senyum menyeringai atau biasa disebut senyum sinis menunjukkan rasa tidak puas, sikap arogan dan superioritas. Tipe senyuman ini juga bisa menggambarkan watak asli seseorang. "Tapi kalau seseorang hanya tersenyum seperti ini sesekali, itu berarti ia sedang kecewa dengan situasi atau seseorang saat itu," ungkap Jean.

Senyum Lebar
Senyuman lebar juga bisa disebut dengan tertawa, yakni ketika bibir melebar dan memperlihatkan gigi-giginya. Tipe senyuman ini mengekspresikan kepercayaan diri, kehangatan dan energi positif. Senyuman yang lebar juga menandakan keramahan dan 'ajakan' untuk berteman.

Jean menjelaskan bahwa senyum tipe ini bisa untuk menunjukkan ketertarikan tentang sesuatu atau senyuman tertawa, memperlihatkan ada yang menurutnya lucu. Selain itu, senyuman lebar yang dibarengi dengan kerutan di sekitar mata semakin menunjukkan kalau senyuman seseorang itu tulus dan asli. 

Tetapi dalam beberapa kasus, senyuman lebar juga terkadang bisa dipalsukan. Bisa jadi cara seseorang untuk menutupi kesedihan dan berupaya agar terlihat percaya diri padahal kenyataannya jauh dari itu. Senyuman palsu umumnya tidak diikuti dengan ekspresi mata. 

Senyum Setengah
Senyum dengan gambaran hanya salah satu sisi bibir yang terangkat bisa merefleksikan ketidakpastian atau kurang yakin. Menurut Jean, senyuman seperti ini adalah tanda bahwa seseorang sebenarnya tidak benar-benar ingin tersenyum alias keterpaksaan. 

"Hanya sebuah tampilan di depan umum untuk menunjukkan kesopanan. Satu sisi wajah memperlihatkan apa yang ingin dunia lihat tentangnya. Sisi lainnya adalah bagian yang lebih privat, di mana seseorang menyimpan perasaan yang paling pribadi," papar Jean. 

Nah, itulah lima makna dibalik tipe senyuman yang perlu Anda ketahui, sehingga Anda tidak salah menebak ketika wanita sedang tersenyum kepada Anda. *** (SS)


 

SHARE