Chessboxing, Olahraga Menguras Otak dan Tenaga | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Chessboxing, Olahraga Menguras Otak dan Tenaga
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Olahraga satu ini, yakni Chessboxing (catur tinju) nampaknya salah satu olahraga paling sulit. Karena memadukan dua unsur yang berbeda, yakni unsur intelegensi dan kekuatan. Dua unsur ini sangat diperlukan kualitasnya. Meski teelihat aneh, namun olahraga ini sudah mempunyai asosiasi khusus yang menaunginya yakni World Chess Boxing Association.

Photo by WCBO on Wikipedia

ChessBoxing sudah cukup popular di sejumlah negara seperti India, Jerman, Russia, Inggris, Amerika Serikat serta Rusia. Catur ialah olahraga yang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Pertama kali permainan ini dimainkan di India yang ditemukan oleh seorang ahli matematika bernama Shi Sho.

Kemudian Tinju merupakan olahraga yang mempertandingkan 2 orang yang memiliki berat sama menggunakan sebuah sarung tangan khusus untuk permainan tinju. Pertandingan tinju sendiri bermula dari bangsa Romawi, Yunani dan Mesir. 

Secara perbedaan, keduanya memang berbeda. Karena dalam sebuah pertandingan, keduanya adalah cang olahraga yang berbeda. Namun apa jadinya apabila kedua olahraga ini disatukan? 

Pertama kali olahraga ChessBoxing atau Catur Tinju ini sendiri ditemukan oleh pria bernama Lepe Rubigh yang berasal dari Belanda. Ia terinspirasi dari komik yang berjudul “Froid Equateur”, dimana dalam komik tersebut bahwa seorang petinju harus menyelesaikan seluruh pertarungan Tinjunya lalu dilanjutkan dengan bermain Catur. 

Akan tetapi karena dinilai kurang praktis, Rubigh mencoba untuk mengembangkan olahraga tersebut menjadi lebih baik lagi, akhirnya muncul lah olahraga ChessBoxing. Olahraga ini kemudian berkembang terutama di Eropa seperti di Berlin dan London. 

Tidak sembarangan atlet bisa diakui sebagai prosesional. Untuk menjadi atlet chessboxing andal, seorang atlet harus jago bertinju dan punya rekam jejak bagus sebagai pecatur. Atlet kelas dunia tidak hanya harus memiliki pengalaman tinju, tapi dia adalah pecatur kelas A dunia.

Pertandingan Chessboxing sendiri dilakukan dengan bermain catur, seperti yang dilakukan jagoan catur Indonesia Utut Adianto, atau legenda catur dunia Garry Kasparov. Kemudian setelah bermain menghadapi papan catur, dua atlet yang bertanding diadu di atas ring untuk saling memukul, persis seperti yang dilakukan Mike Tyson atau Muhammad Ali.

WCBO, Organisasi Chessboxing Dunia dalam laman resminya menuliskan bahwa, olahraga ini memiliki slogan pertarungan berakhir di ring dan perang berkobar di atas meja. Dengan slogan itu, ingin mempromosikan manajemen agresi. "Perkelahian dilakukan di atas ring dengan berbagai peraturan yang adil, dan di sana ada wasit. Perang berkobar di atas meja, bukan dalam dunia nyata," tulisnya.

Aturan Pertandingan
Chessboxing di lakukan dalam 11 ronde, dimana ada 6 ronde untuk catur dan 5 ronde untuk tinju dan dalam satu ronde di lakukan selama 3 menit. Saat dalam ronde catur,peraturan catur cepat (fast chess) dipakai, atlet hanya memiliki total waktu 12 menit untuk menjalankan biduk.Waktu setiap pemain diukur dengan jam catur.

Kemudian, pemenangnya bisa ditentukan bila bisa menghajar KO lawan, tentunya saat ronde tinju. Melakukan skak mat, atau lawan melewati batas waktu dalam catur, atau lawan menyerah. Jika seimbang, maka angka dalam pertandingan tinju akan menentukan siapa yang keluar sebagai pemenang. 

Tapi jika skor tinju juga sama kuat, maka pemain yang memegang biduk hitam yang jadi pemenang. Aturan lainnya yang diterapkan ialah,selama pertandingan catur para pemain mengenakan headphone untuk menghindari gangguan komentar catur. 

Untuk menjadi anggota chessboxing, WCBO memberikan syarat, calon atlet harus berusia dia bawah 35 tahun, dan punya kondisi fisik yang bagus. Selain itu, minimal punya pengalaman dalam 20 pertandingan tinju dan ranking ELO tidak boleh dibawah rating 1800. Tapi jika tidak punya ranking di organisasi catur, baik internasional maupun nasional, WCBO masih punya jalan keluar. WCBO memiliki trainer yang siap menguji kehebatan catur anda secara online.

Setelah WCBO berdiri pada 2006, organisasi ini rutin menggelar even-even resmi. Dalam setahun tiga sampai empat kejuaraan digelar. Sebagai tambahan, sejumlah kota besar juga menggelar even-even lokal dan event promo. *** (SS)

SHARE