Pemain Muda yang Kariernya Hancur di Barcelona | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pemain Muda yang Kariernya Hancur di Barcelona
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Sudah banyak pemain muda yang mendarat di Camp Nou. Mereka punya target besar agar bisa menjadi bintang di lapangan hijau.

Namun, tak sedikit pula dari pemain muda tersebut yang kariernya hancur akibat minim jam terbang. Mereka relatif jarang diberi jatah merumput lantaran pelatih lebih memercayai kepada pemain senior di skuat Barcelona.

Lalu siapa saja pemain muda yang gagal bersinar di Blaugrana? Berikut ulasannya untuk Anda.

Dmytro Chygrynskiy


wikimedia commons

Dmytro Chygrynskiy datang ke Barcelona pada 2009 dengan menyandang status juara Liga Europa bersama Shakhtar Donetsk.

Diharapkan bisa jadi kekuatan baru di lini pertahanan Barca, pria asal Ukraina itu justru jarang dipilih oleh Pep Guardiola. Sang arsitek lebih mengandalkan Carles Puyol dan Gerard Pique sebagai bek tengah.

Chygrynskiy akhirnya kembali ke Shakhtar Donetsk setahun kemudian usai memainkan 14 partai bersama Barcelona.

Alen Halilovic

wikimedia commons

Di tahun 2014, saat berusia 18 tahun, Alen Halilovic dibawa ke tim muda Barcelona dengan mahar 2,2 juta Euro atau 38 miliar rupiah.

Penyerang asal Kroasia itu diharapkan bisa mengikuti jejak Messi yang tampil fenomenal bersama skuat muda dan senior. Kebetulan, Halilovic memang biasa disebut-sebut titisan Messi.

Kenyataan berkata lain. Halilovic kesulitan menggoyang dominasi trio Messi, Suarez, dan Neymar yang kala itu menjadi trisula paling ditakuti di Eropa.

Pada 2016, Halilovic dilego ke Hamburger SV oleh pelatih Luis Enrique seusai menjalani masa pinjaman di Sporting Gijon. Parahnya, ia cuma diturunkan satu kali di tim senior oleh Enrique.

Ibrahim Afellay


wikimedia commons

Saat mendarat di Barcelona pada 2011, Ibrahim Afellay merupakan salah satu pemain muda menjanjikan yang dimiliki PSV Eindhoven dan timnas Belanda. Namun, ia hanya mencatatkan 35 penampilan dan dua gol selama empat musim.

Jalan Afellay menuju tim inti kian sulit lantaran Barcelona mendatangkan dua penyerang kelas dunia, Luis Suarez dan Neymar. Ditambah lagi, Lionel Messi posisinya mustahil digeser.

Menumpuknya pemain berkualias di lini depan membuat pria kelahiran Utrecht itu hengkang ke Stoke City pada 2015 dengan status bebas transfer.

Bojan Krkic

wikimedia commons

Bojan Krkic adalah hasil produksi La Masia. Ia memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang bermain untuk Barca di Liga Spanyol dalam pertandingan kontra Osasuna, September 2007 silam. Usianya saat itu 17 tahun 19 hari.

Nasib Bojan berubah sejak tampuk kepelatihan berpindah dari Frank Rijkaard ke Guardiola. Pemilik gelar Pemain Terbaik Piala Eropa U-21 edisi 2007 ini mulai sering dicadangkan.

Setelah mengukir 163 penampilan dalam kurun waktu empat tahun, Bojan lantas dijual ke AS Roma. Ia sempat kembali ke Barcelona di awal musim 2013-2014, tetapi justru semakin tenggelam.

Alhasil, ia dipinjamkan ke Ajax Amsterdam satu tahun, kemudian dilego ke Stoke City. [GP]

SHARE