Ambisi Manusia Menguak Misteri Luar Angkasa | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ambisi Manusia Menguak Misteri Luar Angkasa
Sopan Sopian | Story

Bagi sebagain orang, perjalanan ke luar angaksa adalah sesuatu yang begitu memikat. Atas ambisius itu juga tidak jarang penelitian dan percobaan sarat akan kegagalan. pergi ke luar angkasa pun tidak hanya menjadi ambisius para peneliti untuk mengetahui kehidupan di luar Bumi, tetapi juga bagi mereka yang penasaran akan gambaran luar angkasa.

Photo: pexels

Sehingga perjalanan ke luar angaksa tidak hanya untuk meneliti dan menemukan planet baru. Tetapi juga untuk wisatawa bagi  mereka yang penasaran. Hingga kini perjalanan  ke luar angkasa baik untuk penelitian dan liburan pun terus dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang belum banyak orang tahu atas perjalanan panjang tentang penerbangan ke luar angkasa ini. Maka dari itu, berikut perjalanan singkat dari waktu ke waktu soal penerbangan ke luar angkasa

1942
Pada tahun 1942 roket V2 Jerman, yang dirancang oleh Wernher Von Braun, adalah yang pertama mencapai 100km (62 mil) dari permukaan bumi, juga dikenal sebagai batas ruang. Braun kemudian bekerja dengan NASA untuk roket yang menuju ke bulan.

1947
Pada tahun 1947. binatang pertama pergi ke luar angkasa. Lalat buah digunakan untuk mempelajari efek perjalanan ruang angkasa pada hewan karena mereka sangat mirip dengan manusia. Lalat-lalat yang diujicobakan diberikan bekal jagung untuk dimakan dalam perjalannya ke luar angkasa.

1949
Albert II adalah monyet pertama di luar angkasa. Albert II adalah monyet Rhesus, ia berani pergi menjauhi bumi di mana tidak ada primata lagi sebelum 14 Juni 1949 di dalam roket AS V2 khusus yang disesuaikan dengan monyet itu. Albert berhasil terbang menjauh sejauh 83 mil dari Bumi.

1957
Pada tanggal 4 Oktober 1957, Rusia meluncurkan satelit pertamanya bernama Sputnik 1. Satelit ini merupakan satelit pertama di orbit yang mengelilingi Bumi. Di tahun yang sama, pada bulan November, Laika, anjing Rusia menjadi hewan pertama yang mengorbit ke Bumi. Laika adalah bahasa Rusia untuk 'Barker'. Laika melakukan perjalanan di Sputnik 2 dan membantu memahami apakah orang dapat bertahan hidup di luar angkasa atau tidak.

1959
Pada tahun 1959, para ilmuan AS dan Rusia berlomba-lomba mendapatkan tantangan pergi ke bulan, dan Rua menjadi pemenangnya. Pelacar luar angkasa, Luna 2 mendarat di bulan di tahun ini meski dengan kecepatan yang fatal. Kemudian sepuluh tahun kemudian, manusia pertama mengunjungi permukaan bulan.

1961
Pada 12 April 1961, Rusia komonot Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di ruang angkasa. Yuri mengorbut bersama Vostok 1 dan mendarat sekitar dua jaln setelah peluncurannya dari Bumi. Yuri kemudian harus menggunakan parasut setalah kembali ke Bumi, karena pesawat yang kembali tidak mendarat mulus ke tanah.

1962
Jphn Glenn menjadi orang AS pertama yang mengorbit Bumi bersama pesawat Mercury-Atlas 6. Pesawat ruang angkasa ini diklaim menjadi pesawat dengan roket Atlas yang tercepat dari sebelumnya.

1963
Valentina Tereshkova, seorang kosmonot Rusia menjadi wanita pertama yang pergi ke ruang angkasa. Setelah misinya itu, sebuah kawah yang terdapat di sisi Bulan dinamai dengan namanya.

1965
Siapa yang bisa percaya, setelah misinya pergi ke Bulan dan berhasil mendaratkan manusia di sana, NASA berhasil melakukan flyby Mars pertamanya dengan kapal Mariner 4 milik mereka.

1966
Pada tahun ini John F. Kennedy berjanji bahwa 1970 AS akan menempatkan manusia di Bulan. NASA pertama kali mengirimkan robot pesawat ruang angkasa yang disebut Surveyor 1 untuk memastikan mereka dapat mendarat dengan aman. Setelah Surveyor 1 mendarat, robot itu mengirimkan foto-foto yang diamatinya dan dikirimkan kepada ilmuan untuk memvisualisasikan medan dengan tujuan mendaratkan orang di Bulan dengan aman.

1969
Pada tanggal 20 Juli 1969, yang dikenal dengan 'satu langkah kecil' diambil oleh Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, dan kata pertama yang terucap adalah Élang telah mendarat'. Kalimat ikonik ini menegaskan mereka sebagai manusia pertama di bulan. Kapal Apollo 11 menerbangkan keduanya sejauh 250.000 mill ke bulan dan berhasil kembali.

1970
Apollo 13, pada 13 April 1970, hari kedua perjalanan ke Bulan, ada kesalahan kabel yang menyebabkan Apollo 13 meledak. Menggunakan sisa yang ada di pesawat, NASA dan para astronot membuat perbaikan untuk membawa kembali pesawat yang rusak ke Bumi.

1971
Pada tahun ini adalah tahun pertama penggunaan Lunar Rover, kendaraan listrik dengan kecepatan tertinggi 8mph (13kph) untuk menjelajahi bulan pada misi Apollo keempat, kelima, dan keenam. Rover mengambil Boeing 17 bulan untuk merancang dan mengembangkannya. Stasiun luar angkasa pertama diluncurkan pada 1971, dan diberi nama Salyut 1 Rusia. Pesawat ruang angkasa ini diterbangkan tanpa awak.

1973
Tahun 1973, Mars 2, probe Rusia 2, menjelajahi Mars. Satu bagian akan dari pesawat itu akan tetap mengorbit sepanjang tahun untuk mengirimkan gambar ke Bumi dan yang lainnya mendarat dan menjelajahi permukaan Mars, tetapi sayangnya pesawat itu hancur ketika parasut gagal mengembang di ruang angkasa.

1977
AS meluncurkan probe ruang angkasa, yakni Voyager 1. Pesawat ini pada 17 Februari 1998, menjadi obyek buatan manusia yang paling jauh di ruang angkasa setelah melewati pemegang gelar sebelumnya, Pioneer 10.

1981
Memulai dari 12 April 1981 melihat para ilmuan merancang sebuah pesawat luar angkasa, Space Shuttle, yang dirancang. Melalui kreativitas ilmuan, pesawat ini dirancang dengan biaya minim, menggunakan lima motor roket, dan berhasil mencapai kecepatan 17.000 mph. Pada 2011, penggunaan atas hal ini menjadi pembuatan pertama dan menjadi era Space Shuttle yang disebut Columbia.

1986
28 Januari 1986, Space Shuttle Challenger meledak karena kegagalan sistem bahan bakar. Tujuh astronot di dalamnya tewas. Setelah tragedi ini, puing-puingnya dikuburkan hampir selama tiga tahun lamanya.

Pada tahun yang sama, kontruksi dimulai di stasiun luar angkata MIR, stasiun ruang angkasa jangka panjang pertama yang secara konsisten dihuni. Dibangun dalam beberapa bangian dalam jangka waktu 10 tahun, dengan masing-masing diluncurkan dan diganbungkan di orbit. 

Pada 2001, bangunan itu hancur pada saat turun ke Bumi. ISS atau Stasiun Luar Angkasa Internasional juga memulai pembangunan di tahun yang ini yang dirancang untuk penelitian dan eksplorasi ruang angkasa.

1990
Discovery pesawat ulang-alik diluncurkan untuk menyebarkan Teleskop Ruang Angkasa HHubble ke ORbit Bumi. Teleskop mampu mengunci ke target tanpa bergerak. 

1995
Setelah semua masalah, AS dan Rusia akhirnya memulai bekerja sama untuk misi ruang angkasa. Tahun 1995 keduanya menggalang US Shuttle Atlantis ke stasiun luar angaksa MIR Rusia.

1997
Tampilan pertama di Mars terjadi ketika Sojourner, US rover melakukan perjalanan ke Mars untuk menjelajahi geologi planet Mars.

2000
Pada tahun 2000, kru permanen pertama mendiami Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tahun ini menjadi tahun pertama ISS mendapatkan kru di dalamnya.

2001
28 April 2001, Jutawan Dennis Tito menghabiskan sekitar 20 juta USD dan memberikan pelatihan selama 900 jam untuk menjadi turis luar angkasa pertama daam pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia. Ia menghabiskan seminggu di orbit dan ia juga menghabis waktu lainnya untuk mengunjungi ISS. Keberhasilan tersebut melambangkan harapan untuk wisata ke luar angkasa dalam satu hari.

2004
Pada 21 Juni 2004, penerbangan berawak dengan sebutan SpaceShipOne didanai secara pribadi untuk penerbangan wisatawan ke luar angkasa. Adaptasi teknbologi ini digunakan oleh Virgin Galactic, perusahaan yang memawarkan penerbangan wisata pribadi ke luar angkasa, meskipun pada tahun 2014 setelahnya jatuh saat pengujian. 

2008
SpaceX, sebuah perusahaan swasta yang membangun pesawat luar angkasa untuk menggantikan Space Shuttle, menjadi yang pertama meluncurkan roket berbahan bakar cair. Roket ini digunakan untuk meluncurkan kapsul Dragon, sebuah kapsul yang dikenalikan dari jarak jauh untuk mengantarkan persediaan ke ISS.

2011
Misi AS Messenger pergi ke Markurius, diluncurkan pada tahun 2004, dan berhasil mengorbit selama satu tahun di planet misterius itu. Selain itu. Di tahun ini juga Rusia meluncurkan teleskop ruang angkasa terbesar yang bernama Spekt-R. Perangkat ini dibangun untuk mempelajari objek astronomi. Teleskop ini memiliki berat 11.000 pon atau 5.000 kilogram.

2012
pada 22 Mei 2012, sebuah momen besar untuk perjalanan ruang angkasa komersial dimulai. Naga C2+ yang didukung roket Falcon 9 milik SpaceX memberikan kapsul resupplying ke ISS> Kapsul itu berhasil ditangkap robot ISS. Para astronot yang ada di stasiun itu berhasil mengeluarkan muatan di dalamnya.

NASA Coriosity rover, sebuah peralatan ukur juga mendarat di tahun ini, tepatnya pada 6 Agustus. Ini adalah rover dan termaju yang pernah mendarat di planet merah itu.

2014
Probe Rosetta, diluncurkan pada 2004, dan berhasil mencapai Comet 67P/Churyumov-Gerasimenko setalah menempuh perjalanan sejauh 4 miliar mil. Setelah pendaratan, Rosetta berhasil mengirimkan data dan gambar resolusi tinggi dari permukaan komet ke Bumi.

2015
Pada 6 Maret 2015, pesawat ruang angaksa NASA, Dawn, memasuki orbit sekitar planet kerdil Ceres, plat ini berada di sabuk asteroid Mars dan Jupiter. Satu bulan kemudian, pesawat ruang angkasa NASA, New Horizons tiba di Pluto. *** (SS)

SHARE