Jangan Biarkan Politik Kantor Ganggu Pekerjaan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Jangan Biarkan Politik Kantor Ganggu Pekerjaan
Gading Perkasa | Works

Sebuah tim yang kompak dan bisa berfungsi dengan maksimal akan berubah menjadi kacau apabila dipenuhi berita miring dan hal-hal buruk atau juga disebut politik kantor. Mungkinkah Anda sedang mengalaminya di perusahaan tempat Anda bekerja?

politik kantor - male Indonesiapexels.com

Kalau politik kantor terkesan ‘wajar’ buat Anda, artinya Anda berada di lingkungan tidak sehat dan mengganggu ritme pekerjaan. Bahkan mereka yang punya performa terbaik pun bakal kehilangan minat ketika harus bekerja di tempat seperti itu.

Namun jangan panik, apalagi membiarkan politik kantor ganggu pekerjaan Anda. Terapkan baik-baik beberapa cara berikut.

Menganalisis Sumber Drama
Sebelum mengambil penilaian, ada kalanya Anda tanyakan diri sendiri mengenai hal ini:

  1. Apakah politik kantor sudah berlangsung lama atau baru-baru ini?
  2. Mungkinkah situasi itu bisa segera berakhir, atau justru berlanjut?
  3. Apakah masalahnya terkait proyek, kebijakan perusahaan, atau ulah salah satu karyawan?

Pendekatan Anda dalam menangani situasi tersebut sangat bergantung pada sumber masalahnya dan berapa lama masalah ini akan berlangsung.

Misalnya, jika atasan baru menciptakan budaya pilih kasih di tim, maka Anda harus segera cari strategi keluar yang cepat.

Kendalikan Emosi
Saat mengalami stres, cara paling mudah dalam bereaksi adalah meluapkan emosi dan membiarkan diri dikendalikan perasaan. Jika situasi atau seseorang di tempat kerja memicu respon emosional di diri Anda, respon terbaik adalah diam sejenak.

Lebih baik cari tahu mengapa hal itu bikin Anda emosi. Ingat bahwa Anda punya pilihan dalam mengontrol respon Anda. Lalu, nilai dan bereaksilah secara objektif setelah Anda tenang.

Hindari Gosip
Ketika membicarakan politik kantor, ada perbedaan jelas antara mencari masukan dan mencari kambing hitam. Jika Anda punya rekan kerja yang bisa dipercaya, minta bantuan mereka untuk menghadapi situasi ini, tetapi lakukanlah secara hati-hati.

Jangan sampai menyalahkan, menyebarkan rumor, atau menampilkan masalah tersebut dengan berprasangka buruk pada semua orang.

Orang lain bisa saja punya perspektif tertentu atas apa yang terjadi, bahkan menunjukkan kesalahan dalam cara berpikir Anda.

Bersiaplah menerima umpan balik yang kurang baik saat menghadapi politik kantor, seperti diminta berempati dengan orang yang paling mengganggu tempo pekerjaan Anda.

Tetap Bekerja Tanpa Memedulikannya
Ketika kondisi di kantor membuat Anda jengah, jangan sampai mengabaikan pekerjaan. Jauh lebih baik, Anda menarik diri dari situasi.

Selalu kerjakan tugas semaksimal mungkin, sehingga tak akan ada seorang pun punya alasan untuk mempertanyakan kontribusi Anda.

Politik kantor tidak boleh memengaruhi mood Anda di tempat kerja. Kalau memang situasinya sudah kurang kondusif, bersabar sedikit sembari melamar di tempat lain. Hanya itu solusinya. [GP]

SHARE