5 Fakta Mengagumkan Tentang PlayStation One | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
5 Fakta Mengagumkan Tentang PlayStation One
Sopan Sopian | Digital Life

PlayStation One atau biasa disebut PlayStation 1 (PS1) benar-benar dirindukan. Ada begitu banyak judul game yang dapat dimainkan saat masa-masa konsol game ini dalam kejayaannya. Sejauh yang diketahui, PlayStation Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. 

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash

Kemudian, PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". 

Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. Dibalik itu semua, ada sederet fakta yang perlu Anda ketahui untuk bernostalgia.

PlayStation Bukan Sepenuhnya Ide Sony
PlayStation sebenarnya bukan satu-satunya gagasan Sony, awalnya PlayStation bermitra dengan Nintendo, pelopor konsol game. Konsol bernama PlayStation atau Super Disc akan menjadio CD add-on ke Super Nintendo. 

Sayangnya seluruh konsep terguncang ketika Nintendo mulai mempertanyakan kemitraannya dengan Sony dan mengutur kemitraan dengan Philips. Setelah tindakan itu, Sony melanjutkan untuk membuat PlayStation dan mengamankan posisi teratas dalam perang konsol game. PlayStation dalam sepanjang usianya memiliki banyak nama, yakni PS-X, PS1, PlayStation, dan PSone.

Gran Turismo Butuh Waktu 5 Tahun
Gran Turismo adalah game terlaris untuk PlayStation One dengan 10,85 juta pengguna. Tetapi mereka membutuhkan waktu lima tahun untuk membuatnya berkembang dengan tim sebanyak 7 orang. Penemunya, Kazunori Yamauchi mengatakan, selama lima tahun itu, pihaknya tidak bisa melihat akhir dari pembuatan game yang dibuatnya. Saat pembuatannya, Yamauchi harus bangun di tempat kerja, pergi tidur di tempat kerja.

Kontroler PlayStation One Harusnya Mewakili Grafik 3D
Di era pra-PlayStation, sebagian besar konsol hadir dengan joypads datar. Teiyu Goto, pencipta kontroler PlayStation yang ikonik, merasa bahwa desain 3D pengontrol cocok dengan grafis 3D dari game tersebut. Namun para petinggi Sony justru membenci konsep itu.

Goto yang dekat dengan presiden Sony Norio Ohga, bisa bernafas lega, karena Ohga menyukai perangkat itu karena mengingatkannya pada kontrol aeroplane. Goto mengatakan tentang simbol-simbol ikonik O, SEGITIGA, X, dan KOTAK.

SEGITIGA mengacu pada sudut pandang, kepala atau arah seseorang dan membuatnya diberi warna hijau. KOTAK mengacu pada selembar kertas yang mewakili menu atau dokumen dan diberiwarna merah jambu. O dan X mewakili pengambilan keputusan 'ya' atau 'tidak, dan Goto mewarnainya dengan warna merah dan biru. *** (SS)

SHARE