Insomnia? Terapkan Teknik Tidur Kilat ala Militer | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Insomnia? Terapkan Teknik Tidur Kilat ala Militer
Gading Perkasa | Sex & Health

Anda sering merasa susah tidur meski tubuh terasa lelah? Tenang, Anda tak sendirian. Sebagian orang mengalami hal yang sama. Banyak upaya dikerahkan demi bisa tidur dan mengumpulkan tenaga untuk beraktivitas esok hari.

Photo by Floris Jan-roelof on Unsplash

Jika sebagian besar usaha telah dilalui tapi tak kunjung membuahkan hasil dan tetap susah tidur, barangkali Anda wajib mencoba teknik tidur kilat ala para tentara Amerika.

Beberapa pihak beranggapan, jajaran tentara AS punya kemampuan membantu seseorang tertidur hanya dalam dua menit.

Teknik ini pula yang membuat mereka bisa tertidur dalam berbagai situasi, termasuk kondisi gawat sekalipun seperti dalam peperangan. Itu dibuat agar para tentara tidak membuat kesalahan karena kelelahan.

Rahasia mereka tertuang dalam buku bertajuk Relax and Win: Championship Performance yang terbit pada 1981. Kemudian, berkat kejelian sebuah situs di Inggris, Joe, trik tersebut pun tersebar.

Bagaimana menerapkan teknik tidur kilat ala tentara AS? Pertama-tama, kendurkan otot pada wajah termasuk lidah, rahang, dan otot sekitar mata.

Lalu jatuhkan pundak semaksimal mungkin, ikuti dengan bagian atas dan bawah lengan. Hembuskan napas, buat dada rileks diikuti oleh kaki, mulai dari paha hingga ke bawah.

Ambil 10 detik untuk menjernihkan pikiran sebelum membayangkan tiga imajinasi berikut :

  1. Bayangkan diri Anda berbaring di atas kano di sebuah danau yang tenang dan langit biru cerah.
  2. Bayangkan diri Anda berbaring di sebuah hammock hitam di dalam ruangan gelap.
  3. Katakan pada diri Anda sendiri, ‘Jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir’ selama sekitar 10 detik.

Teknik tersebut bakal berhasil 96 % setelah enam pekan berlatih. Namun, jika belum juga berhasil, Anda harus benar-benar mengosongkan pikiran.

Seorang pakar tidur, Neil Stanley mengatakan, faktor paling penting saat hendak tidur adalah membersihkan pikiran.

“Anda perlu tiga hal untuk tidur. Kasur yang kondusif, dan paling penting tidak memikirkan apa pun. Anda tak bisa beranjak tidur jika otak masih bekerja,” ujarnya, seperti dilansir dari The Independent.

Menurutnya, tak ada cara instan demi tidur dengan cepat. Setiap orang harus menemukan caranya sendiri.

“Bisa jadi membaca, mandi air hangat, minum teh, meditasi, aromaterapi, atau mendengarkan lagu Another Brick in the Wall milik Pink Floyd. Tak masalah selama apa yang dilakukan bisa membantu Anda merasa cemas tentang tekanan seharian,” tuturnya. [GP]

SHARE