Seberapa Penting Punya Uang Tunai untuk Liburan - Male Indonesia
Seberapa Penting Punya Uang Tunai untuk Liburan
MALE ID | Relax

Dunia sekarang sudah modern, kartu kredit dan aplikasi pembayaran sudah merajarela. Jadi pertanyaannya masih pentingkah uang tunai? Ya, sebagai traveler, uang tunai tetap harus Anda siapkan untuk keperluan mendadak. Karena setiap destinasi tidak semuanya menggunakan alat canggih pembayaran.

Photo by Chris Lawton on Unsplash

Artinya, Anda perlu mempersiapkan uang tunai di dompet Anda sebelum melakukan perjalanan. Namun pertanyaanya, berapa banyak uang tunai yang harus dipersiapkan? Agar dapat menjawab hal tersebut berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda menentukan jumlah yang tunai yang harus dipersiapkan.

Teliti Tujuannya
Meneliti tujuan liburan Anda adalah hal paling jelas, tetapi meriset perjalanan lebih dalam hal lain yang lebih penting daripada melihat daftar tempat-tempat utama, seperti restoran terbaik, dan kehidupan malam. Membayar dengan kartu debit dan kartu kredit merupakan sifat kedua bagi banyak orang, terlepas dari apakah itu untuk sebotol air di toko swalayan, menyelesaikan tagihan restoran atau membeli tiket bus. 

Ini tidak selalu terjadi di negara lain di seluruh dunia, jadi cobalah cari tahu tentang kemungkinan dapat membayar dengan uang fisik. Selain itu, Anda juga perlu menentukan atau mencari tahu cara kerja hotel dalam tujuan pilihan Anda. Bisakah Anda memesan dan membayar online di muka? 

Seberapa mudah dapat diakses mesin ATM, apakah mereka mengenakan biaya komisi? Memberi tip bukanlah hal yang biasa di seluruh dunia tetapi, mereka yang bekerja sebagai penunjang layanan hotel akan lebih suka bonus tunai daripada jumlah yang ditambahkan ke tagihan lewat kartu debit atau kartu kredit.

Teliti Kartu Kredit atau Kartu Debit Anda
Lihatlah kebijakan perjalanan kartu kredit atau kartu debit Anda. Meskipun semakin jarang, masih banyak perusahaan kartu yang akan menambahkan pajak tambahan untuk pembelian di luar negeri. Jika Anda tidak ingin menambahkan beberapa sen atau dolar ekstra (yang akan ditambahkan) Anda dapat menyimpan kartu hanya untuk keadaan darurat. 

Saat Anda melakukannya, ingat untuk mengonfirmasi batas pengeluaran dan penarikan Anda, karena hal terakhir yang mungkin tidak Anda inginkan adalah berhadapan dengan utang.  Bandingkan nilai tukar dan biaya bank Anda, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pertukaran yang lebih menguntungkan di rumah daripada saat Anda tiba di destinasi negara yang Anda kunjungi.

Selain itu, sebagian besar bank akan membeli kembali mata uang asing apa pun yang tidak Anda gunakan. Panggilan cepat ke bank Anda akan membantu Anda memahami kebijakan mereka.

Buat Anggaran untuk Perjalanan
Jika Anda akan mendapatkan semua uang tunai atau bahkan sebagian uang di dompet Anda, maka menciptakan anggaran adalah kuncinya. Sebagai perkiraan kasar harus telah Anda siapkan, di dalamnya harus mencakup biaya akomodasi, makanan, minuman, dan transportasi Anda. 

Tentu saja, setiap negara yang ingin Anda kunjungi memiliki variasi anggarannya masing-masing untuk Anda siapkan. Hitunglah jumlah maksimum yang harus Anda habiskan untuk liburan dan kemudian bagi dengan durasi untuk mendapatkan anggaran harian Anda. 

Ini adalah cara yang bagus untuk menghitung anggaran liburan. Pastikan untuk memikirkan pembelian khusus yang mungkin Anda lakukan dan kegiatan sekali seumur hidup yang mungkin memerlukan pembayaran tunai. *** (SS)

SHARE