Kesalahan Pria Pakai Kondom yang Kerap Dilakukan - Male Indonesia
Kesalahan Pria Pakai Kondom yang Kerap Dilakukan
MALE ID | Sex & Health

Penggunaan kondom sebagai pengaman adalah penting. Hal ini tentu untuk menghindari penyakir menular lewat hubungan seksual. Kendati pemakaian kondom tidaklah rumit, tetapi masih banyak keselahan pria dalam memperlakukan kondom itu sendiri. 

memakai kondom - male indonesiaMaxpixel.net

Saat pria memakai kondom degan perlakukan yang salah, itu akan membuat kualitas kondom menurun. Kebiasaan-kebiasaan yang salah ini biasanya tanpa disadari, karena memang sangat sepele. Untuk itu, agar tidak terulang dan kualitas kondom yang Anda beli tetap memiliki kualitas baik, hindari kesalahan berikut ini dan jangan ulangi lagi.

Tak Teliti Tanggal Kadaluwarsa
Dari sekian banyak kondom, kebanyakan kondom berbahan lateks, materialnya seperti karet. Apabila disimpan dengan baik, rata-rata kondom lateks masih layak digunakan 4-5 tahun. Jadi sebelum digunakan, patut Anda selalu cek tanggal kedaluwarsa kondom Anda.

Tak Langsung Digunakan Setelah Dibuka
Banyak pria yang kurang memagami bahwa membuka kemasan akan membuat kondom kering dan kehilangan keelastisitasannya. Alhasil, kondom menjadi rapuh. Agar tidak seperti itu, Anda perlu membukanya secara dadakan atau ketika ingin menggunakan saja.

Salah Memilih Tipe Kondom
Ada beberapa tipe kondom yang didesain dengan bahan tambahan untuk tujuan tertentu. Faktor ini akan menambah kualitas dan usia penyimpanannya. Kendati seperti itu, kondom lateks dianggap masih yang terlama masa kedaluwarsanya dibandingkan kondom jenis lain. Karenanya, selalu cek kualitas dan bahan kondom sebelum dibeli.

Tak Sadar Alergi Lateks
Terkadang orang tidak menyadari jika sebenarnya dirinya memiliki alergi terhadap lateks. Namun tidak perlu khawatir, karena ada materi polyurethane yang kerap digunakan sebagai bahan pengganti lateks. Ada pula kondom lainnya yang terbuat dari bahan organik.

Sembarangan Menyimpan Kondom
Idealnya, kondom harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Menaruh kondom di tempat yang panas dan terpapar matahari akan membuat pelembap di dalam kemasan menjadi kering dan membuat kondom rapuh.

Menyimpan di Dalam Dompet
Gesekan, tekanan, dan perubahan temperatur secara konstan pada dompet dapat merusak struktur kondom. Jadi, menaruh kondom di dalam dompet atau di saku belakang celana akan menurunkan kualitas kondom. *** (SS)

SHARE