Olahraga Menantang, Panduan Bagi Pemula Triatlon - Male Indonesia
Olahraga Menantang, Panduan Bagi Pemula Triatlon
MALE ID | Sport & Hobby

Triatlon adalah sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu. Triatlon adalah kompetisi kecepatan waktu di mana peserta harus dapat membagi tenaga dalam setiap tahapnya.

Photo by Victoire Joncheray on Unsplash

Triathlon pertama kali diciptakan oleh Scott Tinley pertama kali diadakan di perlombaan di Perancis tahun 1920an-1930an. Triatlon pada awalnya diadakan sebagai bagian dari latihan bagi para olahragawan lari. Lomba triatlon pertama yang diketahui diadakan di Pelabuhan Mission San Diego pada tahun 1974.

Nah bagi Anda yang ingin melakukan Triathlon, Ada beberapa panduan dasar yang perlu Anda perhatikan. Berikut panduan dasar bagi pemula yang bisa Anda terapkan.

Berenang
1. Drafting. Hal utama yang akan meningkatkan kecepatan waktu berenang Anda adalah orang yang berada di depan Anda. Jaga agar selalu dekat di belakang posisinya, dan berada satu meter di samping jalurnya. Cara ini akan membuat tangan Anda memasuki ketinggian air dengan bahu yang di depan. Selain itu, Anda akan mengurangi drag hingga 20 persen, yang akan menghemat waktu serta energi dan membuat Anda berenang lebih cepat.

2. Perlambat Kecepatan. Meskipun Anda adalah perenang yang cepat, perlambat kecepatan renang Anda. Fase ini tidak memberikan ruang yang cukup panjang untuk membuat Anda memimpin race secara signifikan. Selain itu, berenang akan banyak menguras tenaga Anda ketimbang dua olahraga lainnya bersepeda dan lari.

3. Komposisi Jari-Jari Tangan. Jarak ideal antara ujung jari-jari tangan Anda adalah delapan milimeter. Ini akan membuat Anda akan meningkatkan koofisien drag dengan tangan hingga sembilan persen, sehingga lebih banyak energi yang ditransfer pada gerakan maju.

4. Formula Sukses. Rahasia keberhasilan Anda terletak 90 persen di lengan dan 10 persen di kaki yang memberikan daya dorong. Kaki Anda mungkin otot yang luar biasa. Tapi mereka hanya bertanggung jawab pada sepersepuluh keberhasilan. Saat mereka keluar dari garis yang dibentuk tubuh Anda, drag akan meningkat. Lakukan kayuhan kaki yang secukupnya untuk membuat tubuh Anda tetap terapung.

Berlari
1. Langkah Kecil Makin Cepat. Melebarkan langkah kaki tak akan membantu Anda berlari lebih cepat. Saat Anda melangkahkan kaki dengan lebar, Anda membelanjakan banyak energi tiap kali berakselerasi. Memperpendek langkah jauh lebih baik dalam menghemat energi, sepanjang Anda tidak memantulkan kaki terlalu banyak.

2. Kenyamanan Sepatu. Kenyamanan adalah faktor utama yang Anda butuhkan dari sepasang septau lari. Sekitar 99 persen sepatu lari dibuat dari bahan yang sama dan perbedaan bobot 50 gram hanya berdampak sedikit terhadap kecepatan ayunan kaki Anda. Ganti sepatu Anda tiap 400-500 kilometer pemakaian.

3. Langkah Kaki. Aplikasikan 180 langkah tiap menit untuk memangkas waktu bersentuhan dengan permukaan lintasan lari dan menghemat energi.

4. Kompensasi Treadmill. Tidak adanya terpaan angin yang berlawanan arah dan kemungkinan energi balik yang besar ketimbang lintasan lari yang sebenarnya membuat berlari di treadmill lebih mudah dilakukan. Dan Anda pasti paham, kondisi lomba biasanya sukar diantisipasi. Naikkan sudut treadmill beberapa derajat untuk melakukan kompensasi.

Bersepeda
1. Kekuatan Kayuhan. Tidak ada sepeda yang cepat, hanya ada pesepeda yang cepat. Apa artinya? Kecepatan kayuhan bukan berasal dari sepeda dan perlengkapan pendukung yang Anda beli. Kekuatan kayuhan kaki Anda adalah perlengkapan yang tidak bisa Anda beli, harus Anda latih. 

Ini akan membantu Anda bergerak lebih cepat, memelihara upaya secara konsisten, dan menghindari Anda mengayuh pedal di atas batas kemampuan. Bersepeda tanpa memiliki kekuatan kayuhan kaki seperti berbelanja tanpa sepeser pun uang di dompet.

2. Pengamat Anda. Investasikan sebagian dari uang Anda untuk Garmin Vector. Peralatan ini berbasis pada kayuhan kaki Anda di pedal dan sangat akurat. Bahkan piranti ini mengidentifikasi ketidakseimbangan kayuhan kaki Anda.

3. Pembantu Pemula. Strava mengalkulasi hasil latihan Anda menggunakan data GPS dari smartphone, namun setelah Anda bersepeda, bukan saat mengayuh. Anda bisa mendapatkannya di strava.com. *** (SS)

SHARE