Waspada! Libido Anda Bisa Menurun Karena 5 Hal Ini - Male Indonesia
Waspada! Libido Anda Bisa Menurun Karena 5 Hal Ini
MALE ID | Sex & Health

Libido menurun adalah salah satu masalah seksual yang paling sulit diatasi karena orang dengan libido rendah biasanya tidak termotivasi untuk menyembuhkan diri apalagi mengunjungi dokter. Paling sering, orang ini datang ke dokter karena atas desakan pasangannya yang merasa tidak puas dengan performa seksnya.

libido - male indonesiaPhoto by Francisco Gonzalez on Unsplash

Libido yang menurun atau rendah bisa dilihat dari gejala-gejala yang muncul seperti hasrat seksual yang berkurang, hubungan seksual dengan istri semakin jarang dilakukan, menjalani seks sebagai kewajiban saja dan tidak merasakan kesenangan atau kegembiraan saat berhubungan seks, dan yang paling sering adalah Mr P yang tidak bisa ereksi. 

Saat Anda merasakan hal tersebut, mungkin Anda perlu mengetahui penyebabnya. Lima dari penyebab yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

Obat Antidepresi
Merujuk International Society for Sexual Medicine, banyak tipe obat-obatan dari yang digunakan untuk meredakan tekanan darah tinggi hingga merawat athletes foot bisa menurunkan kadar testosteron. Sejumlah studi mengaitkan rendahnya kadar testosteron dengan penurunan libido pada pria.

Jadi, obat-obatan yang membuat kadar testosteron merosot mungkin juga membunuh gairah seksual Anda. Susan Davis, PhD, seorang profesor di Monash University, Australia, mengatakan, obat-obatan antidepresi dan yang mengubah suasana hati juga termasuk dalam daftar obat-obatan yang bisa menurunkan libido seseorang.

Berat Badan
Penelitian dari sebuah studi pada 2011 yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine mengungkapkan, bahwa ada kaitannya antara obesitas dengan menurunnya gairah seksual. Kelebihan berat badan bisa mengurangi kadar testosteron yang beredar, hal yang menjadi penjelasan menurunnya libido seseorang. Penelitian tersebut menunjukkan, murunkan berat badan sebanyak lima persen bisa meningkatkan gairah seksual secara signifikan.

Berolahraga Menjelang Waktu Tidur
Kurangnya waktu tidur bisa mengurangi produksi testosteron, yang sekali lagi, bisa menurunkan libido Anda. Tidur terlalu sedikit juga berkontribus terhadap suasana hati yang tidak bagus atau depresi, yang bisa melemahkan gairah seks Anda.

Meski olahraga memromosikan tidur yang berkualitas, melakukannya menjelang waktu tidur bisa membuat Anda terjaga di tengah malam. Tetapi banyak yang bisa Anda lakukan termasuk makanan lebih dini dan memangkas konsumsi alkohol untuk memastikan Anda tidur nyenyak malam ini.

Kekurangan Vitamin D
Beberapa studi menunjukkan, depresi bisa menyebabkan menurunnya libido pada pria dan wanita. Meski depresi bisa disebabkan banyak hal, penelitian menunjukkan kurangnya vitamin D bisa menyebabkan depresi. 

Memang belum ada penelitian yang menunjukkan mengonsumsi vitamin D bisa meningkatkan gairah seksual. Namun peneliti Austria dan Jerman menemukan, pria yang memiliki kadar vitamin D tinggi juga mempunyai kadar testosteron tinggi. Dan sekali lagi, kadar testosteron yang tinggi diasosiasikan dengan peningkatan libido.

Hubungan yang Renggang
Davis mengungkapkan, dua dari sejumlah kontributor utama untuk libido yang kuat adalah hubungan mesra dengan si dia atau hubungan Anda dengan pasangan baru. Jika Anda tidak bahagia dengan pasangan atau hubungan Anda berdua, mungkin tidak ada yang bisa dilakukan untuk memanaskan gairah seksual Anda terhadap si dia. *** (SS)

SHARE