Mau Menghilangkan Ketombe? Pakai Ini Aja! | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mau Menghilangkan Ketombe? Pakai Ini Aja!
Gading Perkasa | Looks

Menghilangkan ketombe adalah salah satu pekerjaan rumah terberat bagi kaum adam. Wajar saja, mengingat aktivitas begitu padat di luar membuat kesehatan rambut kian terabaikan.

menghilangkan ketombe - male IndonesiaPhoto by Ben Weber on Unsplash

Sel kulit mati yang berkumpul di kulit kepala bisa mengakibatkan ketombe dan kulit kepala mengelupas. Selain itu, kelebihan produksi minyak juga menjadi alasan munculnya ketombe.

Bila sudah demikian, kulit kepala akan terasa gatal bahkan berdarah. Guna menghilangkan ketombe, rupanya ada satu cara mudah yang bisa MALEnials praktikkan. Apa itu? Dengan gula. Ya, gula, Anda tidak salah baca.

Gula dan Sampo

Perawatan kulit kepala sangat penting demi menghilangkan sel kulit mati serta menjaga rambut tetap sehat. Metode pertama ini cukup sederhana. Anda hanya perlu satu sendok makan gula, lalu campurkan dengan sampo.

Pakai campuran kedua bahan itu untuk membersihkan rambut. Bilas layaknya keramas biasa, dan ulangi setiap seminggu sekali agar memperoleh hasil yang maksimal.

Sebagai Bahan Dasar Scrub

Anda bisa memanfaatkan gula sebagai bahan dasar scrub guna mereduksi kelebihan produksi minyak di kulit kepala. Hal yang harus dilakukan yaitu mencampur sejumlah gula, minyak zaitun dan garam agar menjadi scrub.

Aplikasikan pada kulit kepala, pijat dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Diamkan sekitar satu jam, lalu bilas sampai bersih. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu, sehingga Anda sukses menghilangkan ketombe.

Gula dan Minyak Zaitun

Hampir sama seperti cara sebelumnya. Bedanya, gula yang dipakai adalah gula merah. Ingat, gunakan cara ini jika ketombe Anda sudah di tahap yang sangat parah.

Ambil dua sendok makan minyak zaitun, tambahkan dua sendok gula merah ke dalamnya. Aduk hingga merata.

Biarkan campuran bahan tersebut sampai seperti suhu ruangan, usapkan ke kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit sebelum dibilas.

Gula dan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman penyembuh dan bisa membantu mengatasi masalah kulit kepala kering dan ketombe. Ambil daun lidah buaya segar, potong durinya dari kedua sisi dan kupas kulitnya.

Simpan daging buahnya ke dalam wadah, campurkan dengan gula untuk membuat tekstur bubuk. Gosokkan di bagian kulit kepala. Setelah 30 menit, segera bilas. [GP]

SHARE