Dianggap Buruk, Sisi Positif Sering Pindah Kerja | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Dianggap Buruk, Sisi Positif Sering Pindah Kerja
Gading Perkasa | Works

Secara umum, memiliki kebiasaan sering pindah kerja atau disebut kutu loncat akan membuat Anda mendapat predikat buruk di mata perusahaan. Wajar saja demikian, sebab kebiasaan itu menandakan bahwa Anda tidak punya loyalitas pada tempat Anda bekerja.

Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

Padahal, sering pindah kerja tidak selamanya negatif. Tergantung pada bagaimana cara menyikapinya. Banyak orang belum sadar bahwa di situasi tertentu, menjadi kutu loncat adalah pilihan tepat karena memengaruhi rencana karier MALEnials ke tahap berikutnya.

Setidaknya, terdapat enam keuntungan sering pindah kerja yang berguna bagi masa depan Anda. Antara lain:

Tahu Kemampuan Diri
Kerja di beberapa perusahaan sebelum mengundurkan diri membuat Anda paham keadaan diri Anda. Termasuk mengetahui kemampuan dan kekurangan, serta jenis pekerjaan yang Anda inginkan.

Dari situ, dijamin Anda akan lebih mudah dalam menentukan langkah apa yang mau diambil selanjutnya.

Menemukan Pekerjaan Idaman
Dengan bekerja di berbagai perusahaan akan memudahkan Anda dalam menemukan pekerjaan yang sebenarnya Anda sukai. Mayoritas pria tidak tahu pekerjaan yang cocok untuk dirinya sebelum melewati serangkaian proses, termasuk mencoba di segala bidang.

Boleh jadi, pekerjaan yang Anda jalani saat ini tidak berhubungan dengan latar belakang Anda, namun justru bikin Anda nyaman dan betah.

Punya Banyak Pengalaman
Berganti pekerjaan, apalagi sejak awal karier menambah pengetahuan Anda bekerja di lapangan sehingga punya gambaran perihal profesi yang lebih baik. Itu mencakup situasi, aturan bahkan lingkungan kerja.

Terlebih lagi jika Anda bekerja di perusahaan startup yang punya lingkungan lebih kekinian ketimbang perusahaan konvensional. Tentunya, pengalaman berharga akan semakin banyak Anda peroleh.

Sudah Menguasai Teknik Wawancara
Berkali-kali mengikuti tes dan wawancara hingga berhasil mendapat pekerjaan adalah hal yang pasti dilalui si kutu loncat. Hal ini akan menambah pengetahuan sekaligus lebih siap menjawab pertanyaan lisan dan tes tertulis.

Alhasil, setiap pertanyaan yang ada di dalam tes dan wawancara dapat Anda tangani dengan mudah, termasuk pertanyaan menjebak sekalipun.

Ditawari Gaji Tinggi
Keuntungan lain jika Anda sering pindah kerja, akan mengasah keterampilan lain yang sangat membantu proses negosiasi pada pekerjaan berikutnya.

Yang perlu Anda tunjukkan yaitu, pengalaman kerja Anda memberikan nilai lebih. Seperti kemampuan multitasking yang jarang dipunyai setiap orang. Ini akan meningkatkan kualitas Anda dan berpeluang mendapat penawaran gaji tinggi.

Buka Bisnis Pribadi
Kalau Anda sudah bosan kerja sama orang, kenapa tidak mempertimbangkan untuk membuka bisnis sendiri? Dari pengalaman kerja saja, Anda bisa tahu banyak hal. Anggap itu sebagai modal utama Anda dalam membangun bisnis. [GP]

SHARE