Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki Bagi Pria - Male Indonesia
Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki Bagi Pria
MALE ID | Sex & Health

Male Indonesia

Tak ada yang lebih nikmat dari menikmati secangkir kopi sembari duduk menyilangkan kaki. Bahkan sebagian pria merasa lebih nyaman jika bekerja sambil duduk dengan posisi tersebut karena bisa meningkatkan fokus dan mendongkrak produktivitas.

Walaupun dapat membuat pria terasa lebih santai, faktanya duduk menyilangkan kaki dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti meningkatkan risiko perubahan tekanan darah dan sirkulasi tubuh bagian bawah.

Selain itu, duduk menyilangkan kaki kerap dikaitkan dengan penyakit varicose veins atau varises vena yang diikuti rasa gatal dan sakit.

Namun menurut John Harris, ahli bedah vascular atau pembuluh darah di Standford Health Care, hal ini tidaklah benar. Sebaliknya, ia justru menyarankan agar berhenti memikirkannya terlalu dalam dan berolahraga secara teratur.

Alhasil, MALEnials akan otomatis mengurangi kebiasaan posisi kaki terlipat saat duduk. Harris juga mengatakan bahwa varises pun merupakan kondisi keturunan, jadi tidak ada hubungannya dengan kebiasaan duduk melipat kaki.

Lantas, benarkah duduk menyilangkan kaki mendatangkan bahaya seperti merusak saraf, memicu tekanan darah tinggi dan juga postur tidak sempurna? Pada beberapa kasus, seluruh penyakit tersebut bisa mendera.

Tapi jangan langsung panik, karena itu adalah dampak sementara, seperti ketika Anda menyilangkan kaki dan kemudian merasakan kram atau mati rasa, efeknya akan langsung hilang begitu Anda meluruskan kaki.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nursing, hubungan antara sering menyilangkan kaki dan kenaikan tekanan darah tinggi memang ada.

Lagi-lagi, kondisi ini hanya terjadi sewaktu Anda menyilangkan kaki dan otomatis kembali normal setelah kaki diluruskan.

Walau begitu, jangan menyilangkan kaki selama berjam-jam. Pastikan Anda berdiri dari waktu ke waktu (setiap 15-20 menit) dan melakukan stretching atau jalan sebelum duduk kembali.

Ada anggapan bahwa duduk menyilangkan kaki dapat membuat postur tubuh tidak sempurna, sehingga memengaruhi tingkat stres dan sistem pencernaan. Jika postur tubuh Anda tetap tegak, permasalahan ini sebenarnya tidak akan muncul.

Justru sebaliknya, dari penelitian yang dilakukan oleh University Medical Centre di Rotterdam, Belanda, saat Anda duduk dengan punggung tegak dan kaki disilangkan, dapat meningkatkan pemanjangan otot piriformis hingga 11% ke arah paha ketimbang duduk biasa.

Meski isu mengenai bahaya duduk bersilang kaki tidak semuanya benar, pastikan Anda melakukan peregangan setelah lama duduk dengan posisi tersebut. [GP]

SHARE