Terlalu Sering Menguap, Pertanda Tubuh Tak Sehat - Male Indonesia
Terlalu Sering Menguap, Pertanda Tubuh Tak Sehat
Gading Perkasa | Sex & Health

Menguap adalah sebuah aktivitas yang umumnya terjadi kala tubuh sedang lelah dan mengantuk, namun jika Anda terlalu sering menguap dalam waktu sehari, mungkin tubuh Anda bermasalah. Kok bisa?

Photo by Kyle Glenn on Unsplash

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para dokter di Amerika Serikat, terlalu sering menguap mengindikasikan bahwa kondisi tubuh tidak prima. Kendati Anda sudah cukup tidur sekalipun, penyakit berbahaya dari keseringan menguap bisa saja menghantui.

Oleh karena itu, kami telah merangkum sejumlah penyakit di balik kebiasaan menguap tanpa sebab, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Gejala Insomnia
Jika Anda sering menguap, namun tidak mengantuk sama sekali, maka ini menjadi pertanda bahwa Anda mengidap masalah insomnia.

Tanda tersebut akan semakin tampak apabila Anda lebih sering mengantuk di siang hari, dan terjaga di malam hari. Disarankan mengunjungi dokter sebelum masalah insomnia bertambah parah.

Tekanan Darah dan Detak Jantung Mengalami Penurunan
Saat Anda terlalu sering menguap, itu menandakan tekanan darah dan detak jantung yang membatasi aliran darah ke bagian otak mengalami penurunan.

Ini terjadi ketika bagian dari sistem saraf yang bertanggung jawab mengatur tekanan darah dan detak jantung terganggu. Dalam situasi demikian, tubuh secara otomatis akan mencoba meningkatkan asupan oksigen dengan cara menguap.

Menurunnya Kadar Glukosa di Dalam darah
Kemungkinan selanjutnya, kadar glukosa di dalam darah sedang menurun secara drastis. Yang menghawatirkan adalah, potensi bahwa tubuh sebenarnya mengidap penyakit diabetes. Jadi sebaiknya periksa kadar gula darah Anda ke dokter.

Penyakit Organ Hati
Hati merupakan organ yang berperan penting dalam menangkal racun agar tidak masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman. Jika hati tidak berfungsi baik, dampaknya tubuh menjadi mudah lelah dan lemas.

Alhasil, frekuensi Anda menguap akan lebih sering. Solusinya, hindari makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet. Sekadar informasi, makanan atau minuman dengan pengawet biasa ditemui pada hidangan siap saji.

Indikasi Tumor Otak
Penyakit tumor otak bisa dikatakan sebagai salah satu jenis tumor yang sangat mematikan. Di Indonesia sendiri, mereka yang mengidap tumor otak pada umumnya akan meregang nyawa dalam waktu singkat.

Sering menguap juga dapat menandakan seseorang mengidap penyakit tumor otak. Demi mencegahnya, jangan tunda untuk periksa kondisi kesehatan ke dokter, khususnya buat Anda yang selalu menguap tanpa sebab. [GP]

SHARE