Hindari Cedera Olahraga dengan Gerakan Pendingin - Male Indonesia
Hindari Cedera Olahraga dengan Gerakan Pendingin
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Setelah melakukan aktivitas olahraga, alangkah baiknya Anda melakukan gerakan pendingin. Karena hal ini sama pentingnya seperti pemanasan. Fungsinya untuk membantu tubuh kembali tenang, karena dapat menurunkan tekanan darah, dan menormalkan suhu tubuh Anda.

Photo by Alora Griffiths on Unsplash

Gerakan pendingin ini bisa membuat otot yang tegang setelah olahraga menjadi lemas dan rileks sesuai irama jantung yang melambat.  Apabila Anda tidak melakukan gerakan pendingin setelah melakukan olahraga, ototmatis suhu tubuh menjadi dingin dengan tiba-tiba juga, akibatnya olahraga yang Anda lakukan akan sia-sia. 

Kerugian yang bisa Anda rasakan adalah merasakan sakit untuk keesokan harinya. Mengutip laman Health.com, Jennifer Cohen, konsultan fitnes dan kebugaran di Los Angeles memaparkan lima gerapan pendingin yang perlu Anda lakukan setelah o

Seated Hamstring Stretch 
Duduklah di lantai beralas matras dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Sambil sedapat mungkin menjaga posisi dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang, raih ujung ibu jari kaki dan tahan selama 30-45 detik.

Quad Stretch 
Berdiri dengan posisi kedua kaki dan lengan berada di sisi tubuh Anda. Untuk Menjaga keseimbangan, Anda boleh berpegangan pada  kursi atau meja dengan tangan kiri dan genggam kaki kanan dengan posisi di belakang Anda. Tahan selama 30-45 detik sampai berganti dengan kaki kiri.  

Shoulder Stretch 
Sambil menjaga agar dada dan bahu Anda ke belakang, tarik lengan kanan Anda menyilang melewati dada sampai Anda merasakan tarikan yang cukup nyaman, lalu tahan selama 30-45 detik. Ulangi dengan lengan kiri Anda.

Arm Stretch 
Berdiri dengan kedua kaki, dada ke depan, dan bahu ke belakang. Julurkan lengan kanan lurus ke atas, lalu jatuhkan ke belakang kepala. Gunakan lengan kiri untuk menahan siku tetap di posisinya. Tahan posisi ini selama 30-45 detik sebelum kemudian berganti lengan.

Sky Stretch 
Berdiri dengan kedua kaki dan angkat kedua lengan Anda ke atas, setinggi yang Anda mampu. Tahan posisi ini selama 10-15 detik. Ulangi 2-3 kali. 

Nah, itulah lima gerakan pendingin yang perlu Anda lakukan setelah berolahraga. Lakukanlah dan Adan bisa mendapatkan manfaatnya dari olahraga yang telah Anda lakukan. *** (SS)

SHARE