Ambisi Xiaomi Hadapi Persaingan di Tanah Air | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ambisi Xiaomi Hadapi Persaingan di Tanah Air
Gading Perkasa | Digital Life

Pabrikan Xiaomi semakin serius menghadapi persaingan bisnis di Indonesia. Vendor asal Cina itu kini bertengger di posisi kedua dalam daftar smartphone terlaris di tanah air selama kuartal kedua 2018, menurut International Data Corporation (IDC).

wikimedia commons

IDC mencatat bisnis pabrikan Xiaomi di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan. Perusahaan memiliki pangsa pasar mencapai 25 %, jauh lebih baik dibandingkan tahun 2017 yang hanya sanggup mengambil 3 % pangsa pasar.

Pencapaian mereka selisih 2 % dari Samsung. Vendor asal Negeri Ginseng tersebut masih menempati posisi teratas dengan pangsa pasar 27 %.

Prestasi ini tak lepas dari misi Xiaomi untuk selalu menghadirkan smartphone berteknologi canggih dengan harga terjangkau. Hal itu diungkapkan langsung oleh Steven Shi selaku Country Manager Xiaomi Indonesia.

“Tujuan kami adalah selalu mengedepankan visi dalam menghadirkan produk luar biasa dengan harga sebenarnya agar semua orang dapat menikmati manfaat teknologi,” kata Steven dalam pernyataan resmi.

Hal ini diakui oleh Risky Febrian selaku Market Analyst IDC Indonesia. Menurutnya, Xiaomi mampu melihat peluang pasar di tanah air.

“Kampanye marketing Xiaomi minim untuk mitra distribusinya, namun bisa menghadirkan perangkat dengan harga dan spesifikasi yang kompetitif di pasaran,” ujarnya dalam situs resmi IDC.

Dibandingkan para pesaing, Xiaomi cenderung lebih kalem dalam hal promosi dan beberapa kali menjual produknya lewat metode flash sale di mitra-mitra e-commerce.

Meski sering mendapat predikat negatif, nyatanya mereka sanggup merebut pangsa pasar dalam angka yang signifikan.

Pencapaian ini juga memacu mereka untuk terus memperkuat jalur penjualan. Caranya yaitu menggandeng beberapa mitra ritel dan toko online, agar semakin banyak orang bisa merasakan produk terbaiknya.

“Kami berupaya keras dan bekerja sama dengan partner lokal demi meningkatkan kehadiran produk Xiaomi, baik melalui channel online dan offline, serta menghadirkan lebih banyak produk di seluruh Indonesia,” tutur Steven.

“Ke depannya kami pun akan terus menciptakan produk-produk berkualitas dan inovatif yang bisa memenangkan hati pengguna,” tuturnya lagi. [GP]

SHARE