Resmi Disuntik Mati, Selamat Jalan PlayStation 2 | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Resmi Disuntik Mati, Selamat Jalan PlayStation 2
Gading Perkasa | Digital Life

Para penikmat game agaknya harus mengucapkan selamat tinggal kepada PlayStation 2 untuk selama-lamanya. Pasalnya, Sony Computer Entertainment selaku pihak manufaktur menyatakan telah menutup layanan perbaikan pada konsol game besutan mereka itu.

Deni Williams/flickr

Jadi artinya, pengguna PlayStation 2 kini sudah tidak bisa lagi memperbaiki konsolnya di gerai resmi Sony apabila mengalami kerusakan. Yang dapat dilakukan oleh pengguna hanyalah merelakannya dan membeli PlayStation seri terbaru.

Sebelumnya, pihak Sony telah memberikan peringatan kepada seluruh pengguna PlayStation 2 agar segera mengisi formulir perbaikan sampai dengan tanggal 31 Agustus 2018, yang kemudian diperpanjang sampai 7 September 2018.

Seperti dilansir dari Techradar, perusahaan asal Jepang tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya tidak lagi dapat menyediakan layanan perbaikan untuk PlayStation 2.

Pasalnya, mereka mulai kehabisan beberapa suku cadang demi memperbaiki bagian-bagian yang rusak pada konsol milik pengguna.

Padahal, sejak dirilis pertama kali ke hadapan publik di Jepang pada 4 Maret 2000 lalu, PlayStation 2 menjadi konsol game dengan angka penjualan terbanyak yang pernah diproduksi.

Sehingga, banyak pihak menyebutkan, konsol ini merupakan konsol legendaris yang paling laris sepanjang masa, dimana lebih dari 155 juta unit ludes terjual dalam kurun waktu 18 tahun (2000-2018).

Sebagai catatan pembanding, seri termutakhir PlayStation, yaitu PlayStation 4 saja baru berhasil menorehkan angka penjualan sekitar 80 unit sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 lalu.

Produksi konsol PlayStation 2 dihentikan di tahun 2012, tepatnya enam tahun pasca PlayStation seri ketiga diluncurkan pada 2006.

Dalam sebuah pernyataan resminya seperti dilansir dari BBC, Sony mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oleh para pelanggannya, dari awal PlayStation 2 meluncur sampai sekarang.

Beberapa game-nya yang cukup populer dan masih lekat dalam ingatan antara lain Grand Theft Auto: San Andreas, Final Fantasy, Metal Gear Solid, God of War, Gran Turismo, Kingdom Hearts, The Simpsons, dan Spider-Man.

Hampir bisa dipastikan, penggemar PlayStation di seluruh dunia pernah mempunyai kenangan menyenangkan selama memainkan konsol PlayStation 2. Barangkali MALEnials juga demikian. [GP]

SHARE