Fakta Sejarah Ramalan Cuaca Hadir di Siaran TV | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Fakta Sejarah Ramalan Cuaca Hadir di Siaran TV
Sopan Sopian | Story

Manusia telah mencoba memprediksi cuaca secara informal selama ribuan tahun, dan secara resmi sejak abad kesembilan belas. Prakiraan cuaca dibuat dengan mengumpulkan data kuantitatif tentang kondisi atmosfer saat ini di tempat tertentu dan menggunakan pemahaman ilmiah dari proses atmosfer untuk mengantisipasi bagaimana atmosfir atmosfer akan berubah di tempat itu.

Photo by Luka Vovk on Unsplash

Sesuatu yang dulunya merupakan upaya manusia didasarkan pada perubahan tekanan barometrik, kondisi cuaca saat ini, dan kondisi langit, prakiraan cuaca sekarang bergantung pada model berbasis komputer yang mengambil banyak faktor atmosfer. 

Kendati telah dilakukan dengan teknologi, tetapi peran manusia masih diperlukan, hal itu untuk untuk memilih model prediksi terbaik untuk mendasarkan prediksi, yang melibatkan kemampuan untuk mengenali pola, koneksi jarak jauh, pengetahuan tentang kinerja model, dan pengetahuan bias model. Lalu kapan ramalan cuaca muncul di televisi?

Ramalan cuaca pertama kali diterbitkan di The Times pada 1 Agustus 1861, dan peta cuaca pertama diproduksi pada tahun yang sama. Pada tahun 1911, Kantor Met mulai merilis ramalan cuaca laut pertama dengan transmisi radio. Ini termasuk peringatan badai dan badai untuk wilayah di sekitar Inggris Raya.

Jauh sebelum itu, pada 1854, Dewan Perdagangan Inggris membentuk Departemen Meteorologi (Kantor Met saat ini), yang dipimpin oleh mantan perwira angkatan laut Robert Fitzroy. Lima tahun kemudian, hampir 500 orang tenggelam ketika gunting uap Royal Charter hancur dalam badai di lepas pantai Anglesey. Hal ini menyebabkan Fitzroy untuk mengembangkan bagan cuaca untuk memungkinkan 'ramalan'.

Barulah, pada 1861 menggunakan data telegraf dari 15 stasiun darat di seluruh Inggris, Fitzroy menghasilkan ramalan cuaca harian pertama di The Times, dan, pada tahun yang sama, ia meluncurkan sistem peringatan angin untuk kapal menggunakan sistem kerucut yang dikibarkan di pelabuhan sekitar Britania.

Selama lebih dari satu abad. The Met Office menyiarkan prakiraan pertama melalui radio pada tahun 1911. BBC meluncurkan Prakiraan Pengiriman pada pertengahan 1920-an. Ini telah menjadi ikon budaya, yang menonjol dalam upacara pembukaan Olimpiade 2012. 

BBC mengirim grafik cuaca pertama dalam serangkaian percobaan pada bulan November 1936. BBC Television ditutup selama Perang Dunia Kedua. Tetapi, pada bulan Juli 1949, ia mulai menyiarkan peta cuaca dengan keterangan lagi. Pada 11 Januari 1954, ia mengeluarkan ramalan cuaca langsung pertama dari Lime Grove Studios di London.

Siapa Ahli Cuaca TV Pertama?
George Cowling membuat siaran lima menit pertama. Berbekal pensil, karet, dan sepasang pembagi, ia memberi tahu pemirsa bahwa hari berikutnya akan menjadi hari yang baik untuk berbincang atau nongkrong. Presenter berikutnya adalah Bert Foord, Barbara Edwards, yang menjadi presenter wanita pertama pada tahun 1974.

Di Amerika, prediksi televisi eksperimen dibuat oleh James C Fidler di Cincinnati pada 1940 atau 1947 pada Jaringan Televisi Dumont. Pada akhir 1970-an dan awal 80-an, John Coleman, presenter cuaca pertama di Good Morning America ABC-TV, memelopori penggunaan informasi satelit cuaca pada layar dan prediksi komputer untuk prediksi televisi. Coleman adalah salah satu pendiri The Weather Channel (TWC) pada tahun 1982. TWC sekarang menjadi jaringan kabel 24 jam. *** (SS)

SHARE