Ini Cara Memilih Sepeda Gunung Yang Tepat | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ini Cara Memilih Sepeda Gunung Yang Tepat
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Ketika membeli sepeda gunung, Anda memiliki banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan itu bisa membuat Anda kewalahan. Anda juga tidak bisa hanya memilih satu, kemudian menaikinya saat keluar dari toko sepeda. Ada beberapa hal penting yang harus dicari di sepeda gunung.

sepeda gunung - male indonesiapexels.com

Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan banyak hal ketika pergi ke toko sepeda. Tentu tujuannya agar Anda memiliki kenyamanan saat melakukan petualangan dengan mengendarai sepeda gunung. Anda tidak ingin cidera dan merasa pegal-pegal bukan? Untuk itu, perhatikan hal berikut ini sebelum Anda membeli sepeda gunung.

1. Jenis Sepeda
Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis gaya sepeda apa yang Anda cari, fitur utama yang perlu dimiliki, dan jenis apa yang sesuai dengan yang Anda cari. Tidak semua sepeda dibuat untuk dapat memahami petualangan Anda saat berada di gunung, jadi Anda harus memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika Anda berencana untuk memukul trailheads lokal dan naik tanjakan serta siap menapaki turunan terjal, jangan memasukan sepeda jenis trail. Untuk versi yang lebih intens, dengan wahana yang lebih panjang, tanjakan yang lebih curam, dan dataran yang lebih berbahaya, lebih baik memilih sepeda All-mountain.

Kemudian, apabila Anda berencana untuk menaiki trek yang lebih berat, maka Anda bisa dengan bijaksana untuk memilik 'Downhill atau Park Bike', termasuk peralatan yang sesuai seperti helm full face dan pelindung tubuh, karena Anda akan banyak melompat dan menemukan bebatuan serta benda-benda berbahaya lainnya. Jadi, sangat penting untuk memikirkan di mana dan bagaimana Anda ingin naik sepeda baru Anda.

2. Fitur Sepeda
Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah jenis fitur apa yang Anda butuhkan di sepeda Anda. Dua hal yang paling penting adalah diameter roda dan suspensi. Ketika membeli sepeda gunung, Anda mungkin akan mendapatkan pertanyaan, Anda menginginkan 26", 27, 5", atau 29 "? 

Sampai saat ini 26" adalah diameter standar untuk sepeda gunung, tetapi 27,5" telah menjadi lebih populer juga. Fitur tersebut adalah pilihan yang lebih nyaman daripada yang lebih kecil karena hal itu akan memudahkan sepeda bergulit di atas medan. 

Roda 29" lebih efisien jika Anda merencanakan perjalanan lebih lama. Karena roda dengan ukuran terebut dapat bergulir dengan melawan rintangan trail lebih mudah daripada yang lebih kecil, dan karena itu lebih cocok untuk tujuan lintas negara.

3. Pertimbangkan Rangka Sepeda
Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahan rangka sepeda Anda. Kebanyakan sepeda datang dengan bingkai aluminium, tapi ada beberapa pilihan lain untuk dipilih. Salah satunya adalah rangka baja yang menjamin perjalanan mulus dan tidak terlalu mahal alias terjangkau. 

Rangka baja berjenis con adalah yang cukup berat untuk sepeda gunung. Sebaiknya Anda mencari yang lebih ringan sehingga Anda dapat bermanuver dengan lebih baik. Pilihan lain untuk kerangka sepeda Anda adalah serat karbon dan titanium.

Kemudian yang perlu Anda perhatikan dari rangka adalah gears. Jika Anda berencana menunggang perbukitan, lebih bijaksana untuk memiliki lebih banyak roda gigi di sepeda Anda. Juga, lebih sedikit roda gigi menjaga berat sepeda Anda rendah, yang juga merupakan sesuatu yang harus dipikirkan.

4. Cobalah Sebelum Membeli
Sebagai informasi, sepeda gunung tersedia dalam ukuran standar (S, M, L) tidak peduli merek yang Anda pilih. Ukurannya mengacu pada tinggi badan Anda sehingga pintar untuk selalu memeriksa grafik ukuran sepeda yang Anda minati. 

Ketika Anda berada di toko dan Anda bersandar ke sepeda tertentu, cobalah untuk menaikinya. Jika Anda tidak dapat memutuskan sepeda gunung mana yang akan lebih cocok dengan Anda, mintalah untuk pengujian ke penjaga tokok. Dengan begitu Anda dapat memilih yang tepat dan memastikan perjalanan yang nyaman untuk hobi bersepeda Anda. *** (SS)

SHARE