Jadi Freelancer Harus Siap Hadapi Masalah Ini - Male Indonesia
Jadi Freelancer Harus Siap Hadapi Masalah Ini
Gading Perkasa | Works

Berkarier sebagai pekerja lepas atau freelancer tak lagi identik dengan masa depan suram. Justru, semakin banyak pria mulai mempertimbangkan untuk mengambilnya sebagai pekerjaan sambilan.

Px Here

Hal itu disebabkan pendapatan yang tidak kalah menarik dibandingkan pekerja full time. Tapi, apakah benar bahwa menjadi seorang freelancer tidak lepas dari kesulitan?

Ternyata, masih banyak hambatan freelancer di Indonesia. MALEnials harus lebih cermat menghadapinya bila sedang berkarier sebagai freelancer. Mau tahu apa saja hambatannya? Simak ulasan berikut.

Sistem Marketplace Freelancer yang rumit
Sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia memang sudah memiliki beberapa marketplace freelancer berkualitas. Sayangnya, hal tersebut malah memunculkan hambatan.

Sistem marketplace yang rumit dan waktu akses relatif lama membuat banyak freelancer enggan memanfaatkannya. Alhasil, tidak banyak freelancer berkualitas punya kesempatan bersaing melalui marketplace online.

Tidak Adanya Standar Khusus Mengenai Tarif Freelancer
Rasanya tidak banyak orang menyadari bahwa ketiadaan standar tarif juga menjadi hambatan freelancer di tanah air. Sebagian besar orang justru menetapkan tarif terlalu rendah.

Akibatnya, freelancer berkualitas yang memasang tarif relatif tinggi menjadi kewalahan. Kualitas pekerjaan pasti sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan.

Banyak pemberi pekerjaan freelance akhirnya menganggap rendah tarif freelancer. Sekarang mereka sendiri kesulitan memperoleh pekerjaan yang hasilnya sebanding.

Marak Kasus Penipuan
Sampai detik ini, tak sedikit freelancer menjadi korban penipuan. Ada perusahaan yang awalnya memberikan pekerjaan freelance dengan sistem lancar. Tapi di kemudian hari, perusahaan seolah mengingkari pembayaran saat telah menerima hasil pekerjaan freelancer.

Wajar saja bila seorang freelancer merasa enggan bekerja untuk sebuah perusahaan, karena sistem yang tidak jelas. Inilah yang perlu Anda hindari, jangan sampai jerih payah Anda tidak dihargai.

Kemampuan Bahasa Asing Terbatas
Alangkah baiknya Anda tidak mengabaikan kemampuan berbahasa asing demi mendukung kelancaran karier freelance. Pasalnya, freelancer yang mahir berbahasa asing memiliki kesempatan lebih besar dalam mendapat pekerjaan.

Banyak pula perusahaan asing yang tak ragu memberikan pekerjaan dengan pendapatan besar. Hanya saja beberapa orang kurang menguasainya. Kalau sudah demikian, peluang emas di depan mata pun melayang.

Jangan sampai karier freelance Anda terganggu oleh empat hambatan tersebut. Kembangkan kemampuan diri, agar Anda bisa menjadi freelancer berkualitas. [GP]

SHARE