Mengenal Penyanyi Jazz Dunia asal Indonesia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengenal Penyanyi Jazz Dunia asal Indonesia
Sopan Sopian | News

Membawakan lagu berjudul "Unbeatable", aksi panggung Dira Sugandi bersama JFlow dalam penutupan Asian Games 2028, menjadi sorotan. Bahkan, menurut pemberitaan yang beredar, Dira Sugandi banyak mendapat pujian dari artis-artis luar yang tampil saat penutupan itu. Bahkan banyak Direct Message (DM) dari Korea dan Italia.

Dira Sugandi/Photo by MALE.co.id

Mungkin bagi Anda yang menyaksikan penutupan Asian games 2018 itu akan merinding melihat performance Dira Sugandi. Namun apakah Anda familiar atau telah mengetahui lebih jauh soal Dira Sugandi? Secara singkat dia bukan penyanyi sembarang, dia adalah penyanyi Jazz yang telah menapakan namanya di Dunia Jazz Internasional.

Dilahirkan dengan nama Dira Julianti Sugandi, talenta bermusiknya sudah didapatkannya sejak kecil. Pada umur 9 tahun, Dira memenangkan peringkat kedua dalam kompetisi menyanyi anak-anak. Untuk memuluskan karier bermusiknya, lulus dari SMA, dia mengikuti les vokal di Elfa Music Studio. Dan dia memulai kariernya sebagai penyanyi sambil kuliah di Jurusan Musik Pelita Harapan.

Selain itu, kemampuannya dalam menyanyi dengan genre Jazz tidak bisa diragukan lagi. Dira sudah memiliki pengalaman tampil bersama banyak musisi dan kelompok musik seperti Soulmate, Maestro Big Band, Rika Roeslan, Sova, Imam Praz Quartet, bahkan dengan Incognito. Bahkan, dia juga pernah manggung bersama Keith Martin waktu datang ke Bandung pada 2005 lalu.

Dira Sugandi/Photo by MALE.co.id

Bahkan di tahun 2010, lagu 'No More Tears' yang dinyanyikan Dira Sugandi masuk ‘Nominees named for 2010 SoulTrack Award’. Sebelum masuk dalam nominasi, lagu tersebut sangat disukai oleh penggemar jazz di Inggris dan di Jepang. Lagu ini juga langsung mendapat apresiasi dari pecinta musik jazz dengan menghuni tangga lagu jazz dunia. 

Lagu tersebut itu juga menjadi salah satu dari sebelas lagu dalam album ‘Something About The Girl’ yang telah menduduki peringkat tujuh untuk album soul di Inggris pada tahun 2010. Album ‘Something About The Girl’ adalah album perdana Dira yang dirilis di Inggris pada tanggal 8 Maret 2010 oleh Expansion Records. Delapan puluh persen musik dan lirik di album itu dibuat oleh Jean Paul Maunick (Bluey), produser, pencipta lagu, gitaris, vokalis sekaligus pimpinan Incognito.

Bisa dikatakan, nama Dira Sugandi memang kurang tenar di Indonesia, tetapi bicara musiknya, nama Dira Sugandi sudah bertengger di Inggris, Jepang, Jerman, Prancis, Afrika Selatan dan Amerika Serikat. Di Indonesia, Dira lebih banyak muncul di panggung musik jazz, seperti ajang Java Jazz Festival. Dalam ajang musik Jazz Dunia pun nama Dira Sugandi tidak pernah absen. 

Dira Sugandi/Photo by MALE.co.id

Lagu-lagu milik Dira terbilang cukup unik. Abda bisa mendengar beberapa lagu soul dengan sentuhan funk dan jazz, serta nuansa RB bahkan bossas. Ada pula napas ballad seperti pada ‘Hand On Your Heart’ dan dance song dalam ‘No More Tears’. Ditambah lagu Dira yang berduet dengan penyanyi hip hop, Omar, yaitu ‘Lets Go Back’. 

Disamping itu ada lagu ‘Hand On Your Heart’, ‘Get Through To You’, ‘Loving A Stranger’ and ‘Time Out Of Time’. Dira tampak bahagia ketika disebutkan bahwa albumnya telah menduduki peringkat tujuh untuk album soul di Inggris atau satu tingkat di bawah album penyanyi RB, Usher.

Di luar dari aktivitas menyanyi, Dira Sugandi juga pernah masuk dalam dunia film, yakni pada 9 Summers 10 Autumns yang rilis pada 2013, dan pada 2014 silam, Dira memerankan tokoh Sofia dalam film "Selamat Pagi, Malam". *** (SS)

SHARE