Waktu yang Dibutuhkan Melihat Hasil dari Olahraga | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Waktu yang Dibutuhkan Melihat Hasil dari Olahraga
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Jika Anda telah membuat keputusan untuk memulai rutinitas kebugaran, Anda mungkin ingin melihat hasil dari semua kerja keras Anda. Lalu pertanyaannya Kapan Anda bisa melihat hasil dari aktivitas berolahraga Anda?

Photo by Wesley Quinn on Unsplash

Gratifikasi instan sulit didapat dalam kebugaran, dan kesabaran sering diperlukan untuk mendapatkan hasil terbesar dari aktivitas olahraga Anda. Ada banyak faktor yang berperan dalam menjawab pertanyaan soal waktu yang harus diperlukan untuk melihat hasilnya.

Atas jawaban tersebut, Anda perlu beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memastikan Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari rutinitas olahraga Anda.

Durasi dan Frekuensi
Dalam laman nextluxury, salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan untuk melihat hasilnya adalah berapa lama dan seberapa sering Anda berolahraga. Mungkin telah menjadi kebiasaan, setiap orang yang menerapkan rutinitas baru pergi ke gym, selalu ingin pergi setiap hari selama berjam-jam untuk mencapai tujuan dari rutinitas barunya itu.

Padahal, setiap olahraga memiliki waktu maksimal untuk setiap harinya. Ketika Anda terus berlatih lebih lama dari itu, kadar testosteron mulai naik dan keuntungan kebugaran mulai berkurang. Anda juga tidak perlu berada di gym setiap hari. Dengan berlatih keras setiap hari, justru akan mengganggu kemampuan tubuh Anda dalam mendapatkan keuntungan.

Jenis Latihan
Untuk melihat hasil paling cepat, Anda juga perlu memastikan Anda melakukan jenis latihan yang sejalan dengan target kebugaran Anda. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, persentase yang lebih besar dari latihan Anda harus didedikasikan untuk pelatihan kardio seperti berlari, bersepeda, atau interval intensitas tinggi.

Jika Anda ingin mendapatkan massa otot atau memperbesar otot, tentu Anda akan diarahkan kepada latihan beban. Untuk hasil keseluruhan terbaik, gunakan kombinasi beberapa jenis latihan yang berbeda dan aktifkan setiap beberapa minggu. Dengan melakukan rutinitas yang sama terlalu sering, tubuh Anda akan mulai beradaptasi dengan tuntutan dan akhirnya kemajuan Anda akan meningkat.

Mengkobinasikan Intensitas
Jika Anda mencoba untuk mencapai 100% dalam waktu singkat, mungkin Anda justru akan mendapatkan luka, selain itu Anda juga mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk beradaptasi dengan tuntutan olahraga yang Anda lakukan. Campurkan intensitas latihan Anda untuk mengubah stimulus fisik.

Bergantian latihan lebih lama dengan intensitas lebih rendah dengan latihan lebih pendek dengan intensitas lebih tinggi akan membantu Anda mendapatkan hasil terbaik. Dengan menempatkan berbagai beban pelatihan di tubuh Anda, Anda mencakup semua pangkalan kebugaran sekaligus memastikan bahwa Anda tidak berlebihan melakukan satu jenis latihan yang berpotensi menyebabkan cedera atau stagnasi pelatihan.

Makan dengan Benar
Penting juga untuk memerhatikan makan dan minuman yang Anda konsumsi sebagai tujuan kebugaran Anda. Mengurangi asupan kalori membantu menurunkan berat badan, terlalu banyak defisit dapat menyebabkan retensi lemak dan memiliki efek sebaliknya. 

Jadi, penting untuk memantau apa yang Anda makan dan bagaimana hal itu memengaruhi tubuh Anda. Memerhatikan jenis makanan juga penting untuk meningkatkan asupan protein, terutama ketika Anda melakukan banyak pelatihan intensitas tinggi. *** (SS)

SHARE