Facebook Watch, Siap Ancam Eksistensi Youtube | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Facebook Watch, Siap Ancam Eksistensi Youtube
Gading Perkasa | Digital Life

Meneruskan kesuksesan debut Facebook Watch di Amerika Serikat pada 2017 lalu, Facebook akhirnya resmi memboyong layanan videonya itu ke pasar global.

Max Pixel

Bersaing secara langsung dengan sang raksasa Youtube, Facebook Watch adalah platform jejaring sosial untuk konten video yang mencakup hiburan, olahraga serta kreator.

Layanan yang awalnya hanya tersedia di Amerika ini disebut Facebook telah dinikmati lebih dari 50 juta pemirsa setiap bulannya. Dan Facebook berharap bisa melanjutkan kesuksesan ini di bagian dunia lain.

Sejauh ini, mereka berhasil memanfaatkan kelemahan yang dimiliki oleh Youtube. Caranya yaitu mendorong aspek sosial di Facebook Watch demi memudahkan pengguna menemukan video yang disukai atau dibagikan oleh teman dan halaman favorit.

Seperti halnya Youtube, Facebook Watch juga menjadi rumah kedua bagi para kreator konten video yang ingin mendapatkan pemasukan.

Facebook sudah mengonfirmasi bahwa mereka memperluas program Ad Break sehingga lebih banyak pembuat konten dapat menghasilkan uang dari video yang diunggah.

Sayang sekali, program Ad Break untuk sementara baru mendukung negara Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, dan AS. Entah kapan program tersebut akan tersedia di Indonesia.

Kira-kira, apa saja hal yang ditawarkan oleh Facebook Watch? Simak penjelasan di bawah ini.

Platform Pencarian Video Baru
Platform baru milik Facebook ini menawarkan kemampuan untuk menemukan video terbaru. Video akan dibagi berdasarkan beberapa kategori seperti hiburan, olahraga, berita dan lainnya.

Alternatif penghubung antara kreator dan media
Pada bagian atas feed Watch, pengguna akan melihat daftar tontonan (watchlist). Daftar ini berisi sekumpulan video terbaru dalam halaman yang diikuti. Anda bisa menjelajahinya lebih jauh dengan tap tombol See All.

Pengguna juga dapat mengatur isi video dengan mengikuti lebih banyak halaman atau menghapus daftar halaman yang diikuti dalam Watch.

Beranda Video yang Disimpan
Pengguna bisa memilih video yang ingin ditonton dalam sebuah news feed. Video ini akan disimpan untuk ditonton nanti.

Video Sebagai Pengalaman baru
Platform baru Facebook ini diklaim akan membangun pengalaman baru bagi pengguna saat menyaksikan video. Beberapa program ditampilkan seperti tayangan perdana hingga serial interaktif.

Fitur ini bisa diakses di iOS dan Android, cari ikon Watch di kolom pintasan atau bookmark “Lainnya” di Android, iOS, dan web. [GP]

SHARE