Gerald Situmorang, Musisi Muda Sarat Talenta | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Gerald Situmorang, Musisi Muda Sarat Talenta
Sopan Sopian | News

Kendati telah lama berkecimpung dalam dunia musik, pada 2016 lalu, nama Gerald Situmorang baru memulai muncul ke permukaan. Saat itu ia umumkan single “Old Stories” sebagai proyek musik solonya yang bertajuk “Solitude”. 

Gerald Situmorang dan Barasuara

Sebagai informasi, album “Solitude” merangkum 12 lagu dan semuanya didedikasikan untuk sebuah ruangan yang memiliki ikatan emosional pribadi oleh musisi muda ini. Dari sinilah namanya mulai merambah naik.

Di dalam dunia musik, talenta Gerald Situmorang tak hanya sampai di sana, justru itu adalah satu dari sekian banyak talenta yang dimilikinya. Sepanjang karir bermusiknya, Gerald sudah terlibat dengan berbagai macam proyek musik melalui format yang berbeda-beda. 

Mulai dari band rock bersama Barasuara, duo akustik Sketsa, trio jazz di Gerald Situmorang Trio, quartet bersama Hemiola, hingga format solo akustik. Kendati memiliki beragam band dan musik, Gerald lebih sering tampil membawakan musik jazz, melalui Barasuara, salah satunya saat tampil di Java Jazz 2017 lalu.

Bercerita awal karir, jauh sebelum meluncurkan "Solitude", pria berambut gondrong ini mengawali karir musiknya bergabung dalam formasi grup yang berbeda. Bersama Gerald Situmorang Trio ia juga sempat meluncurkan album berjudul Time is the Answer di tahun 2014. 

Gerald Situmorang saat Performance di Java Jazz 2017/Photo by MALE.co.id

Tak tanggung-tanggung, di album ini Gerald tampil memukau dengan memainkan akustik gitar steel, nylon dan elektrik gitar sekaligus. Barulah dari sini memasuki "Solitude". Berkat album solo "Solitude" ini, Gerald Situmorang mengadakan tur musik perdananya. 

Melalui pertunjukkan tersebut, selain mempromosikan album "Solitude", ia juga menyuguhkan tembang instrumental dengan penampilan melankolis. Berbeda jauh dari penampilan Gerald Situmorang bersama Barasuara yang cenderung lebih liar dan berapi-api. Tur musik bertajuk "Nights of Solitude” ini bahkan digelar di 7 kota seluruh Indonesia.

Talentanya di dunia musik, akhirnya membawa nama Gerald Situmorang dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI). Ia pernah memboyong piala penghargaan di ajang bergengsi itu pada 2016 bersama Barasuara. Lewat lagu berjudul Bahas Bahasa, Gerald Situmorang Barasuara ini sukses mengalahkan nominee lainnya. Antara lain, Endah N Rhesa, Efek Rumah Kaca, Mocca, dan Sarasvati. 

Produseri Penyanyi-Penyanyi Cantik
Mungkin talenta satu ini tak banyak yang tahu. Karena secara diam-diam Gerald kerap memproduseri penyanyi cantik muda Indonesia. Sebut saja Monita Tahalea, Ify Alyssa, dan Asterika. Kersajasama dengan Monita Tahalea pada 2013 lalu. Keduanya sempat mengeluarkan EP berjudul Song of Praise.

Gerald juga membantu Monita di album bertajuk Dandelion di tahun 2015 dengan single Memulai Kembali yang menjadi hit di hampir seluruh stasiun radio di Indonesia. Menyusul kesuksannya dengan Monita, Gerald juga dipercaya menjadi produser musik untuk single perdana penyanyi Ify Alyssa, mantan personel girl band Blink.

Melalui lagu bertajuk Gitar, keduanya pun berkolaborasi secara profesional. keduanya juga sukses menyelenggarakan konser musik tunggal Breaking walls: "Gitar" Intimate Concert with Ify Alyssa. *** (SS)

SHARE