Kecanduan Ponsel Sudah di Tahap Mengkhawatirkan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kecanduan Ponsel Sudah di Tahap Mengkhawatirkan
Sopan Sopian | Digital Life

Ponsel pintar atau smartphone memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Dalam setiap aktivitas yang ada, ponsel pintar tak pernah ketinggalan di kantong atau genggaman setiap orang. Karena, ponsel pintar tak hanya berperan untuk mengirim pesan atau menelepon saja.

Photo by Jens Johnsson on Unsplash

Apalagi dengan perkembangan teknologi ponsel pintar yang kian inovatif dibanding sebelumnya, sangat mungkin bagi pengguna untuk menghabiskan waktu lebih lama di depan ponselnya. Ditambah lagi berbagai fitur pun semakin memanjakan para penggunanya.

Selain itu pula, dengan jaringan internet yang semakin meluas. Orang bisa melakukan apa saja dari genggamannya. Baik itu mencari informasi, berbelanja, hingga kencan online. Pada akhirnya banyak penelitian yang menyebutkan, bahwa telah banyak orang ketergantungan terhadap ponsel pintar. Akibatnya, orang akan merasa stres jika ponsel pintarnya tertinggal. 

Menurut penelitian dari Kaspersky Lab, terbukti bahwa orang-orang saat ini sangat bergantung pada konektivitas, 23% orang lebih memilih untuk tertangkap bugil di depan umum daripada tidak membawa gawai yang terkoneksi ke internet.

Jawaban dari survey yang dilakukan oleh Kaspersky Lab berikutnya menyatakan lebih dari seperlima (22%) mengatakan bahwa memiliki koneksi ke Internet sama pentingnya dengan mendapatkan makanan, air dan tempat tinggal. 

Hampir semua responden (90%) mengatakan bahwa mereka akan merasa stres jika perangkat mereka hilang atau dicuri, yang lebih tinggi daripada ketinggalan kereta atau pesawat (88%), mengalami kecelakaan kecil pada mobil (88%), atau dalam kondisi sakit (80%).

Dmitry Aleshin, VP Pemasaran Produk, Kaspersky Lab. mengatakan, konektivitas dengan cepat menjadi pokok kehidupan modern bagi banyak orang, bahkan menjadi kebutuhan mutlak. Keinginan untuk selalu terkoneksi ke Internet setiap saat, dengan mempersiapkan segala hal untuk mempertahankan koneksi, menunjukkan betapa pentingnya perangkat yang terhubung dalam kehidupan setiap orang. 

"Namun dengan konektivitas yang menjangkau semua aspek kehidupan, keamanan tidak dapat diabaikan, dan selalu harus tersedia, apa pun yang Anda lakukan dan di mana pun Anda berada. Pengguna harus memastikan bahwa bagaimanapun situasinya, koneksi mereka harus tetap aman," tutur ALeshin. *** (SS)

SHARE