Karya Terbaru Bugatti, Lebih dari Sekadar Cepat | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Karya Terbaru Bugatti, Lebih dari Sekadar Cepat
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Bugatti telah merilis seri hypercar terbarunya, diberi nama Bugatti Divo. Peluncuran mobil ini berlangsung di Monterrey, Meksiko pada 24 Agustus 2018 lalu.

bugatti.com

Barangkali Anda penasaran, kira-kira apa keunggulan Bugatti Divo dibandingkan pendahulunya seperti Chiron dan Veyron? Akselerasi, top speed, atau tampilan yang megah?

Menilik sektor desain, pabrikan Bugatti menyematkan intake udara di bagian kap mesin, mengikuti garis aerodinamis. Shark fin fender menangkap aliran udara ke area ban guna menghasilkan downforce lebih besar.

Sementara lekukan tajam di bagian hood seolah-olah membuat MALEnials lupa, bahwa itu bukan sosok Bugatti seperti yang Anda kenal. Garis lubang grille juga menganga lebih lebar, kian mempertegas kesan sebuah hypercar.

Headlight telah mengadopsi gaya lampu sci-fi tipis. Namun Bugatti sanggup mempertahankan gaya air scoop di sisi samping, dengan dimensi yang kecil. Bugatti Divo lebih ringan, muda, dan sporty.

Totally, Bugatti ‘memusnahkan’ desain oval pada produk terbarunya ini dan cenderung seperti bumerang yang siap membelah udara. Di sisi exhaust, terdapat empat knalpot berbentuk persegi dan lampu belakang digital.

Bugatti Divo hanya tersedia dalam satu warna, Racing Blue dengan finishing. Varian tersebut merupakan kebangkitan desain bagi Bugatti.

Kaki-kakinya dibekali suspensi yang rigid dan kemudi lebih responsif. Pemasangan roda chamber diklaim mampu meningkatkan kemudi menjadi semakin cepat.

Sektor bobot pun terkoreksi lebih ringan, 35 kg dibanding Chiron. Desain aerodinamisnya memberikan efek downforce sebesar 90 kg saat menikung dalam kecepatan tinggi.

Secara keseluruhan, desain Divo bakal meningkatkan prestise Anda sebagai pria kekinian ketimbang memakai Chiron. Pasalnya, jumlah produksi sang kakak mencapai 400 unit. Sedangkan Bugatti Divo cuma dijual 40 unit di dunia.

Walau begitu, banyak penggila kecepatan menyayangkan kinerja mesin Divo yang terkesan kurang ‘galak’ di aspal. Dengan muntahan tenaga sebesar 1.489 HP, Bugatti Divo ‘hanya’ bisa digeber sampai 380 km/jam, jauh di bawah Chiron atau Veyron.

Beruntung mobil tersebut memiliki catatan akselerasi 8 detik lebih cepat dari Chiron ketika diuji coba di Nardo Ring, Italia yang memiliki panjang 6,2 km. Ini menandakan, Divo sangat layak diajak beradu di lintasan balap.

Jika Anda tertarik memboyong Bugatti Divo, siapkan dana sebesar 5,8 juta USD atau sekitar 84,75 miliar rupiah. Dan ingat, produksinya terbatas, sekitar 40 unit saja. [GP]

SHARE