Sering Terabaikan, Ini Fungsi Mantap Mode Airplane - Male Indonesia
Sering Terabaikan, Ini Fungsi Mantap Mode Airplane
MALE ID | Digital Life

Mode airplane di dalam smartphone kadang terabaikan penggunanya. Mungkin secara umum, mode ini diduga untuk pengguna smartphone yang akan bepergian dengan pesawat. Padahal mode ini memiliki manfaat yang mantap. 

Photo: Pixabay

Artinya, secara efektif, mode airplane ini tidak hanya berfungsi saat Anda berada dipesawat. Tetapi juga bermanfaat bagi smartphone Anda sendiri. Untuk itu, gunakanlah mode ini untuk kinerja smartphone Anda lebih maksimal. 

1. Menambahkan Performa Smartphone
Salah satu fungsi mengaktifkan airplane mode adalah menambah performa smartphone. Biasanya smartphone menjadi lambat atau lemot karena terlalu banyaknya aktivitas data yang keluar masuk. Dan dengan aktifnya airplane mode maka aktivitas data yang ada di smartphone secara otomatis terhenti dan membuat smartphone menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Memperbaiki dan Memperkuat Sinyal
Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami hilangnya sinyal atau sinyal yang sangat lemah. Dengan mengaktifkan airplane mode maka sinyal bisa kembali seperti semula. Kenapa? karena dengan mengaktifkan airplane mode smartphone Anda akan terputus dari semua jaringan. Dan ketika mode tersebut di nonaktifkan maka smartphone akan secara otomatis mencari jaringan baru.

3. Mempercepat Isi Ulang Baterai
Di zaman yang semakin canggih, sudah ada banyak sekali dijual smartphone dengan fitur fast charging atau mode pengisian baterai dengan waktu yang lebih singkat. Namun tahukah Anda bahwa mengkatifkan mode airplane saat sedang mengisi baterai ternyata juga sangat berpengaruh dalam kecepatan proses pengisian baterai. Pasalnya mengkaktifkan airplane mode sama hanya mematikan sistem kerja dari Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan sebagian aplikasi lainnya.

4. Menghemat Daya Baterai
Mode airplane digunakan untuk mematikan sementara sinyal dan jaringan data yang ada pada smartphone Anda. Perlu diketahui bahwa ketika smartphone mengaktifkan jaringan data maka daya dari baterai juga berpengaruh dengan hal tersebut. Mengaktifkan airplane mode akan membantu Anda untuk menghemat daya baterai smartphone agar lebih tahan lama.

5. Menjaga Konsentrasi Anda
Apa hubungannya mode airplane dengan konsentrasi pengguna smartphone? Pasalnya ketika Anda sedang berkendara, Anda membutuhkan konsentrasi. Artinya saat smartphone Anda berbunyi tentu akan sangat mengganggu dan membahayakan Anda sewaktu berkendara. 

Fungsi mode airplane yang perlu Anda tahu ini cukup signifikan dalam membantu Anda fokus saat berkendara dan menjadi sarana termudah untuk menghindari gangguan smartphone. Mengingat mematikan dan menghidupkan smartphone cukup memakan waktu dan daya dari smartphone tersebut. *** (SS)

SHARE