Teknik Mudah Transfer Kontak iOs ke Android - Male Indonesia
Teknik Mudah Transfer Kontak iOs ke Android
Sopan Sopian | Digital Life

Transfer kontak yang ada di dalam ponsel, menjadi salah satu aspek yang paling mengganggu saat mengganti ponsel baru. Karena hal ini memastikan semua kontak berpindah seluruhnya atau sebagian. Pada masa lalu, cara transfer kontak dari ponsel lama kebaru, tentunya dengan mengetik ulang. 

Photo by K?rlis Dambr?ns on flickr

Tetapi hari ini, di era smartphone, transfer kontak sangatlah mudah. Antara OS Adorid dan Android lebih mudah lagi. Anda hanya perlu memasukan akun Google saja. Semua bisa tertransfer. Lalu bagiamana cara memindahkan kontak dari iOS ke Android dan sebaliknya, sehingga Anda dapat bergantian di antara platform tanpa kerumitan? 

Ekspore Kontak dari iCloud
Jika Anda telah mengaktifkan iCloud di iPhone Anda, membuat cadangan kontak sangatlah mudah. Masuk ke iCloud di komputer Anda seperti biasa dan klik 'Kontak'. Setelah Anda masuk ke layar berikutnya, pilih  Semua Kontak  di sudut kiri atas dan tekan 'Command + A'  atau 'CTRL + A' untuk memilih semua kontak. 

Sekarang, klik 'ikon roda gigi' di bagian bawah halaman dan klik 'Ekspor vCard'. Setelah jendela berikutnya terbuka, pilih semua kontak Anda lagi dengan 'Command + A' dan klik kanan pada kontak apa pun. Pilih 'Ekspor vCard', beri  nama vCard, dan pilih lokasi penyimpanan yang Anda inginkan.

Kontak Anda akan mudah diunduh dengan nama file VCF dan dapat ditransfer lewat email secara manual atau langsung mengimpor ke Google. Setelah Anda mengaktifkan telepon baru, jenis apa pun, siapkan akun email Anda dan impor vCard dari email Anda untuk mengunggah semua kontak. 

Transfer Kontak vCard ke Google
Pertama, Anda tentu membutuhkan akun Google, yang akan menyederhanakan kontak untuk mentransfer antar platform. Jika Anda tidak memiliki akun Google, cepatlah membuatnya dengan  Google. Karena Anda akan membutuhkannya untuk semua smartphone jenis OS Android. 

Jika telah memiliki akun Google, Anda hanya perlu masuk ke Google Kontak di browser Anda. Di sisi kiri, Anda akan melihat  opsi 'Impor' kontak, klik di atasnya, lalu klik 'Pilih file' dan arahkan ke vCard yang Anda simpan dari iCloud.

Jika Anda memiliki akun Google sebelum proses tersebut, Anda akan melihat daftar kontak Anda sekarang jauh lebih besar dan kemungkinan memiliki beberapa duplikat. Jika Anda melihat kontak duplikat, Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk menghapus atau memodifikasinya. 

Jika terjadi hal itu, sebaiknya lakukan ini secara manual, tetapi Google menawarkan alat Kontak gabungan yang dirancang untuk melakukan hal yang sama. Tetapi Anda perlu mengeceknya kembali, karena bisa saja tidak akurat.

Mentransfer Kontak ke Ponsel Baru Anda
Sekarang setelah Anda menyimpan kontak di Google, saatnya untuk meletakkannya di ponsel baru Anda. Jika Anda belum menyalakan ponsel baru Anda, transfernya akan mudah. Saat Anda pertama kali mem-boot telepon baru Anda, itu menanyakan apakah Anda ingin menyinkronkan ponsel Anda ke akun Google. 

Caranya, cukup masukkan informasi akun Anda, dan telepon Anda akan secara otomatis mengimpor semua kontak dari akun Google Anda. Tidak perlu upload manual. Namun, jika Anda sudah menyalakan ponsel Android dan tidak menyinkronkannya dengan akun Google, caranya buka menu Pengaturan dan temukan opsi 'Akun' atau  'Akun & Sinkronisasi' yang menunjukkan setiap akun yang disinkronkan dengan ponsel Anda. 

Di bagian bawah halaman, Anda akan melihat tombol berlabel 'Tambah Akun', di mana Anda diminta untuk masuk ke akun Google Anda. Setelah Anda memilih 'Akun Google' Anda, ini akan menyinkronkan semua kontak Anda ke ponsel Anda, bersama dengan Kalender, Chrome, Gmail, dan apa pun komponen lain yang Anda pilih untuk disinkronkan.

Jika Anda ingin beralih dari Android ke iPhone, cukup lompati ponsel baru Anda, buka  Pengaturan> Mail, Kontak, Kalender> Tambah Akun> Google. Masukkan info 'Akun Google' Anda, dan iPhone Anda akan secara otomatis menyinkronkan kontak yang disimpan dalam akun Google Anda. Jika Anda ingin tetap disinkronkan dan menyertakan kontak baru yang Anda tambahkan, Anda juga harus masuk ke  Pengaturan> Mail, Kontak, Kalender> Kontak> Akun Default, dan pilih 'Akun Google' Anda. *** (SS)

SHARE