Rentan Rusak, Cara Merawat Sepatu Berbahan Suede - Male Indonesia
Rentan Rusak, Cara Merawat Sepatu Berbahan Suede
Gading Perkasa | Looks

Suede shoes atau sepatu berbahan suede bisa menjadi pilihan tepat buat menimbulkan kesan manly. Bukan cuma model slip on atau loafers, bahan ini sudah sering dipakai di berbagai jenis sepatu, misalnya boots dan sepatu outdoor.

Photo by Muneeb Syed on Unsplash

Namun di balik manfaatnya untuk meningkatkan penampilan kaum adam secara maksimal, sepatu berbahan suede memang butuh lebih banyak effort menyoal perawatannya.

Agar tidak mudah rusak, ada beberapa hal yang wajib MALEnials lakukan dalam merawat sepatu berbahan suede. Antara lain:

Memberikan Wax Sebagai Pelindung
Namanya suede shoes beda dari sepatu lain. Ia rentan usang dan rusak, dan salah satu musuh terbesar bahan suede adalah air. So, Anda harus menggunakan spray atau wax pelindung, sehingga suede shoes bisa diajak basah-basahan.

Dalam memilih wax tidak bisa sembarangan. Carilah wax yang menjamin pori-pori di bahan suede sepatu tidak tersumbat alias masih bisa bernapas. Mengaplikasikannya bisa memakai lap agar lebih rata.

Perawatan seperti itu harus dilakukan secara berkala. Pastikan Anda merawatnya minimal enam bulan sekali.

Membersihkan Noda
Sepatu suede Anda terkena tumpahan kopi atau lumpur? Jika nodanya tidak terlalu besar, jangan langsung mencuci sepatu secara keseluruhan. Cukup lakukan spot treatment. Karena lagi-lagi, bahan suede rentan rusak oleh air.

Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas dan deterjen lembut. Bersihkan noda di bahan suede perlahan-lahan.

Biasakan Menjemur Secara Alami
Pengering rambut memang bisa membantu mengeringkan sepatu lebih cepat. Namun akibatnya, sepatu suede Anda akan mudah rusak.

Luangkan lebih banyak waktu saat proses pengeringan. Sebab, bahan suede butuh waktu lama sebelum benar-benar kering.

Jemur di tempat yang tidak terlalu panas dan terkena cahaya matahari langsung. Masukkan kertas ke bagian dalam sepatu terlebih dahulu agar menjaga bentuknya. Begitu sudah kering, tinggal sikat bagian luar sehingga tampilannya kembali keren.

Menyimpan di Tempat Aman
Cuaca juga bisa membawa masalah pada sepatu yang terbuat dari bahan suede. Penyimpanan yang tepat akan menolong Anda menjaga usia sepatu lebih panjang. Dust bag atau tas berpori cukup besar adalah solusinya.

Yang wajib Anda hindari, menyimpan sepatu suede di dalam plastik atau kotak tertutup rapat. Dalam waktu lama, sepatu akan dipenuhi oleh jamur. [GP]

SHARE