Mengerikan, Dampak Cyberbully Merusak Mental! - Male Indonesia
Mengerikan, Dampak Cyberbully Merusak Mental!
MALE ID | Digital Life

Dampak Cyberbully tidak boleh dianggap ringan. Sebagai tindakan yang semakin marak dilakukan seiring pentingnya peran dunia digital dalam keseharian setiap individunya. Perilaku Cyberbully jelas harus dihentikan untuk menghindari efek buruk yang dapat ditimbulkannya.

cyberbully Photo: maxpicture

Tampilan Cyberbully terlihat sebagai kebebasan berpendapat dalam bentuk yang salah. Perbedaan opini menjadi hal yang wajar, tapi yang terkadang disadari atau tidak. Penyampaian dan kata-kata yang digunakan cenderung kasar, mengintimidasi, bahkan menghina bisa berakibat pada terlukanya mental dari pihak yang mendapatkannya.

Berikut beberapa efek negatif yang bisa timbul dari korban Cyberbully:

Tidak Percaya diri
Dengan perilaku yang diperlihatkan di dunia digital seperti media sosial. Cyberbullying dapat menimbulkan kepercayaan diri korban menurun, dengan tidak lagi menunjukkan ketertarikan akan suatu hal dan lebih memilih untuk diam, karena merasa tidak mampu untuk melakukannya.

Menjauh Dari Kerabat dan Keluarga
Dengan tidak lagi merasa bermakna, korban Cyberbully akan menjauhi interaksi dengan pihak keluarga hingga kerabat dekat, dan lebih banyak memilih untuk menjalani hari sendirian dan mulai menutup diri untuk berbagi dan bercerita.

Menghentikan Aktivitas Rutin
Tidak lagi ingin menjalani tanggung jawab. Hal seperti pekerjaan yang merupakan bentuk kewajiban, tidak memberikan daya tarik dan menjadi malas untuk menjalankannya.

Perubahan Penampilan dan Sikap
Berat badan turun secara drastis, atau bahkan meningkat akibat bentuk kenyamanan yang ia dapatkan dari makan secara berlebihan, dan tampilan yang berantakan menunjukkan sikap tidak peduli dari korban yang seakan tidak mendapatkan dukungan yang diakibatkan dari Cyberbully. Dan tidak sedikit pula pihak korban menjadi mudah marah, sedih, hingga depresi.

Merusak Fisik Hingga Bunuh Diri
Dari semua dampak yang bisa diberikan dari perilaku Cyberbully, hal inilah yang menjadi alasan paling utama, kenapa Cyberbully  harus dihentikan. Dengan mendapatkan perasaan sebagai sosok individu yang tidak berarti. Korban dapat melakukan perusakan fisik sebagai bentuk marah, sedih, dan kecewa. Dan yang paling mengerikan, keputusan untuk bunuh diri yang dianggapnya sebagai solusi.

Mengkhawatirkan, karena siapa yang menyangka bahwa kalimat yang diungkapkan di dunia maya memiliki efek panjang yang berbahaya. walau bisa dikurangi dengan melaporkan pelakunya, perubahan sikap dan tata cara beropini yang sopan dari setiap individu yang ada di dunia digital lebih penting untuk menghentikan dampak Cyberbully secara keseluruhan. **(DD)

SHARE