Jangan Keliru, Ini Makna dari Vintage Style - Male Indonesia
Jangan Keliru, Ini Makna dari Vintage Style
MALE ID | Looks

Dalam dunia fashion tidak ada aturan yang benar-benar baku, dan pria bisa memakai apa pun sesuai keinginan, salah satunya vintage style. Biasanya mereka memilih gaya ini lantaran ingin tampak klasik, tidak melulu kasual atau bergaya kekinian.

Photo by amin imanifar from Pexels

Sering dianggap menyalahi zaman, vintage style memiliki sejarah panjang dan alasan utama yang membuatnya bertahan, digemari oleh kaum adam.

Baca lanjutan di bawah buat memahami konsep vintage style yang sesungguhnya, jangan sampai salah kaprah.

Sebagian Besar Orang Senang Memakai Barang Secondhand
Hampir setiap hari, jutaan baju diproduksi. Namun ada saja masanya seseorang ingin menyingkirkan baju milik mereka. Semua itu bisa ditemui di toko-toko yang khusus menjual barang secondhand.

Tidak sedikit item masih terlihat keren jika dipakai. Entah memakainya langsung dengan kondisi asli atau sudah dimodifikasi.

Menurut Life Cycle and Environmental Impact, lebih dari 70% orang di dunia --didominasi pria-- senang menggunakan item branded berstatus secondhand.

Vintage Bukanlah Retro Apalagi Antik
Rata-rata sebuah item fashion, terutama baju hanya layak pakai selama tiga tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan Anda menemukan baju yang sudah berusia puluhan tahun dalam kondisi masih bagus.

Nah, pakaian zaman dulu terkadang punya sebutan seperti vintage, retro, dan antik. Padahal, ketiga istilah tersebut tidaklah sama.

Bila merujuk dari waktunya, baju yang berasal dari sebelum abad ke-20 disebut antique clothing. Menginjak tahun 1920-an sampai 1980-an, muncul istilah vintage style. Terakhir, retro mengacu pada gaya yang menyerupai tren fashion zaman dulu.

Barang vintage tidak selalu Identik dengan Thrift Shop
Memang benar bahwa vintage style dan thrift shop menjadi dua hal yang sulit dipisahkan. Jika Anda ingin mencari kemeja jadul tapi keren, pikiran Anda secara otomatis tertuju ke thrift shop.

Sayangnya, tidak semua barang di sana dapat dikategorikan vintage. Karena usianya belum lebih dari seperempat abad atau cukup bersejarah untuk diberikan label vintage, bisa Anda bedakan?

Dari Masa ke Masa, Ukuran Baju Berubah
Pernah menemukan pakaian yang tidak sesuai padahal ukurannya sama? Jangan heran MALEnials. Walau ukuran baju terlihat sama, faktanya ada perubahan dari masa ke masa. Itu ada hubungannya dengan ukuran tubuh pria yang semakin membesar.

Kini Anda tahu bahwa vintage style bukan sekadar gaya berpakaian semata, melainkan juga punya cerita panjang di dalamnya. Jangan sampai keliru lagi ya! [GP]

SHARE