Google Melacak Anda, Ini Cara Mencegahnya - Male Indonesia
Google Melacak Anda, Ini Cara Mencegahnya
Sopan Sopian | Digital Life

Dengan mematikan fitur GPS smartphone dan Riwayat Lokasi di Google Maps, banyak yang berpendapat bisa membuat Google tidak bisa melacak keberadaan Anda. Namun kenyataanya Google masih bisa melacak pergerakan pengguna meskipun pengguna telah mematikan fitur tersebut.

Photo: Pixabay

Assosiated Press menuliskan bahwa, peneliti dari Princeton University Gunes Acar menemukan bahwa Google masih mengawasi lokasi pengguna tanpa sepengetahuan pengguna. Membawa ponsel Android dengan mematikan 'Location History'. Google selalu meminta izin untuk menggunakan informasi lokasi pengguna. Aplikasi seperti Google Maps akan meminta izin dari pengguna untuk mengakses lokasi yang dituju oleh pengguna.

Apabila pengguna setuju, Google akan merekam lokasi pengguna dari waktu ke waktu. Google Maps akan mengumpulkan dan menampilkan riwayat lokasi pengguna dalam garis waktu untuk memetakan pergerakan harian pengguna. Menyimpan data lokasi dari waktu ke waktu ini mengancam privasi pengguna. Pasalnya, melalui informasi riwayat lokasi ini, pihak mana pun bisa melacak keberadaan pengguna lewat izin Google.

Nah, jika Anda ingin Google berhenti melacak Anda. Anda perlu memahami sepenuhnya pengaturan yang dapat melacak Anda. Untuk itu, mematikan GPS atau History Google Maps Anda tidaklah cukup, tetapi juga Anda perlu melacak akun Google Anda.

Mematikan Sepenuhnya Google Maps
Dari laman sms.com.au, Satu langkah yang dapat Anda ambil adalah mematikan layanan lokasi di ponsel Anda sepenuhnya. Ini tidak hanya mencegah perangkat Anda secara aktif mengirim lokasi Anda ke perangkat atau pembuat aplikasi, tetapi juga berarti Anda tidak akan dapat menggunakan layanan berbasis lokasi sama sekali.

Untuk menonaktifkan pelacakan lokasi di perangkat Android, Anda perlu beberapa langkah, pertama buka bagian "Security and location" di aplikasi pengaturan Anda. Kemudian klik "Location" 

Langkah tersebut tergantung pada versi Android apa yang Anda miliki, langkah-langkahnya mungkin bervariasi dari sana, tetapi Anda harus dapat menemukan pengaturan yang memungkinkan Anda mengubahnya menjadi "nonaktif". Pada iPhone, buka bagian "Privasi" di aplikasi Pengaturan dan matikan "Location Services".

Matikan Riwayat Lokasi Lewat Akun Google
Seperti dikatakan sebelumnya, mematikan Riawayat Lokasi Anda tidak menjawab atau memberhentikan Google melacak Anda. Tetapi Anda bisa memabatasi Google melacak Anda. Untuk membatasinya, Anda bisa menemukannya di akun Google Anda. 

Caranya Anda dapat mengubah atau menavigasi "Personal Info and Privacy" dan kemudian carilah "My Activity". Di dalam perangkat Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengaturan Anda untuk mengakses pengaturan akun Anda. Dalam hal ini, aktivitas akan muncul di bawah bagian yang disebut "Data & personalisation".

Setelah Anda masuk bagian "Location History" Anda akan memiliki opsi untuk menonaktifkan pengaturan, dan juga untuk meninjau dan menghapus informasi yang telah dikumpulkan Google sejauh ini. Google menawarkan opsi untuk menonaktifkan riwayat lokasi untuk seluruh akun Anda atau hanya perangkat tertentu. *** (SS)

SHARE