5 Desa yang Dihuni oleh Satu Orang - Male Indonesia
5 Desa yang Dihuni oleh Satu Orang
MALE ID | Story

Pernahkah Anda membayangkan sebuah desa yang hanya dihuni oleh satu orang? Bagaimana ia hidup, bersosialisasi, dan sebagainya. Namun hal itu adanya. Banyak alasan bagi mereka mengapa harus bertahan di sebuah desa yang justru ditinggalkan oleh banyak orang.

Bahkan, mungkin yang paling menyenangkannya adalah ketika pemerintah mengangkatnya sebagai walikota atau seorang kepala desa. Karena di sana Anda hanya mengatur dan membuat peraturan Anda sendiri, bisa mengesahkan apa yang di desa lain dilarang. Lalu, di mana saja desa tersebut berada, desa yang hanya dihuni oleh satu orang ini

Monowi, Nebraska, AS

FOTO: Bkell/wikipedia

Monowi, sebuah desa di Boyd Country, Nebraska, Amerika Serikat. Desa ini ada sejak 1902. Ada kantor pos satu-satunya waktu itu, dan peroperasi hingga 1967. Tahun-tahun puncak Monowi terjadi pada tahun 1930-an, ketika populasinya mencapai 150.

Sayangnya, puluhan tahun berikutnya, menurut sensus 2010 , Monowi populasinya tidanggal 1 orang saja, bernama Elsie Eiler. Pada tahun 2.000 sebenarnya masih memiliki dua orang, yakni Elsie Eiler dan suaminya, Rudy. Tapi 2004 ia meninggal dunia.

Hilangnya para penduduk, seperti pada pedesaan lainnya. Anak muda di sana lebih memilih pergi kekota untuk mencari pekerjaan. Nah, karena satu-satunya orang yang hidup di sana, Elsie juga bertindak sebagai walikota dan memberikan lisensi minuman keras dan membayar pajak untuk dirinya sendiri.

Buford, Wyoming, AS

FOTO: Ichabod/wikipedia

Buford adalah nama awal dari PhinDeli Town Buford. Desa ini merupakan desa tak berhubungan di Albany County, Wyoming, Amerika Serikat. Buford terletak antara Laramie dan Cheyenne di Interstate 80. 

Buford juga pemukiman tertinggi sepanjang First Transcontinental Railroad. Karena terletak pada ketinggian 8.000 kaki. Kemudian, nama Buford sendiri diambil untuk menghormati Mayor Jendral John Buford, kavaleri Union Perang Saudara Amerika.

Pada 2013, desa itu dijual kepada orang Vietnam, yang dan nama itu diganti menjadi "Kota PhinDeli Buford". Di tahun yang sama, menurut sensus setempat, desa itu hanya memiliki 1 populasi saja, yaitu Don Sammons.

Don Sammons pindah ke Buford pada tahun 1980 bersama istri dan putranya. Istrinya meninggal pada tahun 1995, dan putranya pindah ke kota sekitar tahun 2007. Sehingga Sammons menjadi penduduk satu-satunya desa Buford. 

Setelah Don Sammons memutuskan untuk pindah lebih dekat ke putranya. Desa yang terdiri dari sebuah toko, pom bensin, dan rumah modular seluas 4 hektar ini dilelang pada 5 April 2012 kepada dua orang Vietnam yang tak dikenal. Kemudian, terungkap bahwa salah satunya adalah Ph?m ?inh Nguyen.

Lost Springs, Wyoming

FOTO: Smeira/wikipedia

Lost Springs adalah sebuah desa di Converse County, Wyoming, Amerika Serikat. Pertama kali dihuni pada tahun 1880-an. Nama Lost Springs dari pekerja kereta api yang tidak bisa menemukan mata air yang ditampilkan pada peta survei daerah tersebut.

Desa ini didirikan pada tahun 1911, dan awalnya memiliki 200 penduduk, yang sebagian besar bekerja di tambang batu bara Rosin di dekatnya. Setelah ditutup sekitar 1930, populasi Lost Springs terus menurun. Pada tahun 1960, angka itu turun terus menurun. 

Pada tahun 1976, baik negara bagian Wyoming dan Komisi Bicentennial AS menunjuk Lost Springs sebagai kota terpadu terkecil di Amerika. Populasinya kemudian tinggal sebelas. Untuk sensus tahun 2000, menatakan hanya satu orang yang tinggal di Lost Springs. Namun, Walikota Leda Price mengklaim angka itu tidak akurat dan klaim Lost Springs memiliki empat penduduk pada tahun 2000. Pada 2010, awalnya ada empat orang, tiga rumah tangga, dan akhirnya 0 keluarga yang tinggal di desa tersebut.

Villa Epecuen, Argentina

FOTO: Mauricio V. Genta/wikipedia

Kembali pada tahun 1920, sebuah desa wisata bernama Villa Epecuen didirikan di sepanjang pantai Lago Epecuen, desa ini terkenal karena danau garamnya. Tepatnya sekitar 600 kilometer barat daya Buenos Aires, Argentina. Lago Epecuen seperti kebanyakan danau gunung lainnya, kecuali satu perbedaan besar, ??memiliki tingkat garam kedua setelah Laut Mati, dan sepuluh kali lebih tinggi daripada lautan mana pun.

Populasi kota memuncak pada 1970-an dengan lebih dari 5.000 orang. Hampir 300 bisnis berkembang di sana, termasuk hotel, hostel, spa, toko, dan museum. Seiring waktu, populasi Lago Epecuen mulai membengkak. Pada tanggal 10 November 1985, sejumlah besar air menerobos bendungan dan membanjiri banyak kota. Pada tahun 1993, banjir yang melanda dan desa itu tertutup air.

Hampir 25 tahun kemudian, pada tahun 2009, cuaca basah berbalik, dan air mulai surut. Villa Epecuen mulai kembali ke permukaan. Tidak ada yang kembali, kecuali Pablo Novak, 81 tahun, yang sekarang menjadi satu-satunya penghuni kota itu.

Tomioka, Jepang

FOTO: B3ttetsuro/wikipedia

Naoto Matsumura, pria berusia 54 tahun adalah satu-satunya penduduk Tomioka, Jepang, sebuah desa hantu yang terletak di dalam "zona terbatas" yang tercemar yang mengelilingi pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Pabrik itu hancur oleh gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret 2011. Kehancurannya menyebabkan kontaminasi nuklir tingkat tinggi di daerah sekitarnya dan memaksa evakuasi ratusan ribu penduduk.

Uniknya, Naoto Matsumura adalah penghuni satu-satunya kota yang dulunya rumah bagi hampir 16.000 orang. Dia hidup tanpa air atau listrik. Awalnya dia adalah salah satu orang yang lari saat bencan, tetapi dia segera kembali untuk merawat tanah, hewan yang ditinggalkan, dan bahkan sebuah pemakaman setempat. Dia melihat itu sebagai tugasnya. *** (SS)

SHARE