Mahakarya Ford Mustang yang Sarat Nostalgia - Male Indonesia
Mahakarya Ford Mustang yang Sarat Nostalgia
MALE ID | Sport & Hobby

Nama Ford Mustang di jajaran pesohor otomotif tidak usah diragukan lagi. Bahkan beberapa produk besutan mereka menghiasi layar lebar. Salah satunya di film lansiran 1968 dengan latar belakang kriminal berjudul Bullitt, diperankan oleh aktor karismatik, Steve Mc Queen.

Ford.com

Bukan soal Detektif Frank Bullitt atau ceritanya saja yang menjadi perbincangan. Melainkan aksi yang dianggap salah satu adegan kejar-kejaran mobil terbaik sampai sekarang. Bintangnya tidak lain Ford Mustang GT 390 Fastback 1968.

Dalam adegan sepanjang 10 menit 53 detik, Mustang GT 390 yang dikendarai Detektif Bullit mengejar Dodge Charger 1968 di jalanan padat San Fransisco. Aksi kejar-kejaran sangat seru dan tampak nyata. Mobil ini pun dibuat edisi khusus Bullitt di Ford Mustang.

Mengenang 50 tahun sejak film Bullitt pertama kali diputar, Ford kembali mempersembahkan Mustang Bullit di Detroit Auto Show. Pertama kali dihadirkan pada 2001, Bullitt juga menjadi edisi spesial di generasi Mustang 2008.

Apalagi kalau bukan warna hijau yang khas versi asli di film, selain upgrade pada sektor tenaga penggerak. Model terakhir hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit.

Tersedia pula pilihan warna hitam yang kurang begitu ‘garang’ dibandingkan warna aslinya. Tak ada logo atau emblem tersemat di bodi sebagai identitas. Sederhana namun istimewa.

Ford Mustang Bullitt 2019 menggunakan konfigurasi mesin V8, berkapasitas 5,0 liter, transmisi enam percepatan, berdesain kenop menyerupai bola biliar putih.

Spesifikasi itu sama seperti Mustang GT, namun dengan penambahan udara dingin ke dalamnya. Throttle body dari mobil tersebut juga ditingkatkan, dari 83 mm ke 87 mm.

Alhasil, performanya di jalanan terbilang sadis. Memiliki torsi maksimum sebesar 569 Nm dan puncak tenaga 480 HP, Mustang Bullitt 2019 dapat menempuh kecepatan 0-100 km dalam waktu 4,6 detik, dan dapat digeber hingga 260 km/jam. Edan!

Ford.com

Di samping itu, pihak Ford juga melakukan upgrade pada beberapa bagian seperti suspensi, knalpot, mode mengemudi sport, dan pengereman Brembo. Seluruh model Bullitt dilengkapi kursi Recaro super-sport dengan lilitan benang hijau.

Namun, Ford sendiri belum merilis informasi mengenai harga yang dipatok untuk Ford Mustang Bullitt 2019. Sebagian pihak memperkirakan, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 47.495 USD atau 637 juta rupiah.

Rencananya, mobil ini mulai dikenalkan ke publik pada pameran mobil Detroit, Januari 2019. Sudah tak sabar, MALEnials? [GP]

SHARE