Jangan Pernah Coba Memakai Kondom Bekas, Bahaya! - Male Indonesia
Jangan Pernah Coba Memakai Kondom Bekas, Bahaya!
MALE ID | Sex & Health

Kondom merupakan alat kontrasepsi sekali pakai, namun ternyata masih banyak pria yang keliru soal penggunaannya, seperti mencuci atau memakai kondom bekas.

pixabay

Baru-baru ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengunggah status ke Twitter untuk mengingatkan pria agar tidak pernah sekalipun memakai kondom bekas atau mencucinya.

“Kami ingatkan lagi karena banyak pria melakukannya. Jangan mencuci atau menggunakan kembali kondom. Pakai yang baru untuk setiap tindakan seks,” tulis mereka di Twitter.

Imbauan ini cukup beralasan, bila mengacu pada tiga penelitian yang diterbitkan antara 1995 dan 2011. Di mana sekitar 1,4 - 3,3 % responden mengaku menggunakan kembali kondom selama sesi hubungan intim yang sama.

Saat dipakai dengan benar, kondom memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mencegah kehamilan serta penyakit menular seksual. Namun tentu saja, pemakaian yang kurang tepat berpotensi menimbulkan risiko kesehatan.

“Menggunakan kembali kondom atau lebih dari satu kali pada waktu yang sama akan mengurangi efek perlindungan kondom akibat kerusakan, selip, atau kebocoran,” kata Elizabeth Torrone, ahli epidemi di Divisi Pencegahan CDC, melansir Medical Daily.

Begitu kondom telah dipakai, kata Elizabeth, gesekan dari organ vital secara signifikan membuat permukaannya menjadi lebih tipis. Itu artinya, kondom lebih mungkin longgar, robek, atau terlepas dari Mr. P.

Mencuci kondom bukan cuma melemahkan efek perlindungan, melainkan juga menghilangkan pelumas yang disertakan di dalamnya.

“Anda harus memakai kondom dengan cara yang disarankan dan telah diuji oleh produsen. Jika tidak, Anda mustahil bisa mengandalkan kondom untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular,” ujar Alyssa Dweck, salah satu peneliti.

Ia menambahkan, jika hubungan seksual dilakukan tiga kali dalam satu malam, maka Anda harus mengganti kondom tiga kali pula, atau menjelang permainan berikutnya.

Bahkan seandainya seorang pria berhubungan intim dengan wanita yang sama selama satu sesi, ia harus memakai kondom baru.

“Meskipun ejakulasi tidak terjadi, sebaiknya segera buang kondom di tempat sampah dan pakai yang baru,” tutur Alyssa. [GP]

SHARE