Rahasia Unik Dunia Penerbangan, Apakah Anda Tahu? - Male Indonesia
Rahasia Unik Dunia Penerbangan, Apakah Anda Tahu?
MALE ID | Relax

Apa Anda sering menggunakan pesawat terbang untuk perjalanan dinas ke luar kota? Atau melakukan penerbangan ke tujuan wisata bersama pasangan?

pixabay

Terlepas dari seberapa sering Anda bepergian dengan pesawat terbang, masih banyak hal yang belum diketahui orang-orang terkait dunia penerbangan. Khususnya informasi di dalam pesawat.

Setidaknya, inilah tujuh informasi yang bisa jadi tidak Anda tahu sebelumnya mengenai pesawat terbang, melansir Insider:

Tiket Pesawat Berisi Informasi Tersembunyi
Sebagian besar tulisan pada boarding pass Anda mungkin sulit dicerna, namun sebenarnya mencakup banyak informasi menarik dan sensitif.

Dua huruf pertama sebelum nomor penerbangan mengacu pada nama maskapai. Bagian numerik dari nomor penerbangan Anda adalah petunjuk ke arah mana pesawat akan terbang.

Sementara, teks enam karakter di boarding pass mengacu pada referensi pemesanan atau catatan nama penumpang. Kode ini dapat dipakai secara online untuk mencari segala sesuatu, dari tujuan, usia hingga informasi kartu kredit Anda.

‘Mustahil’ Meninggal Dalam Penerbangan
Meskipun awak pesawat dilatih melakukan pertolongan pertama bahkan memenuhi syarat resusitasi, sebagian besar maskapai tidak punya staf yang dapat menyatakan waktu kematian secara pasti.

Sehingga, secara teknis tidak ada namanya kematian di tengah penerbangan. Sebab individu hanya bisa dinyatakan meninggal dunia ketika mendarat di landasan.

Tidak ada area khusus Meletakkan Penumpang yang Meninggal
Jika seseorang meninggal sewaktu penerbangan, kebanyakan pesawat tidak memiliki area khusus untuk meletakkan tubuh penumpang sampai pesawat mendarat.

Pada beberapa kasus, penumpang yang meninggal hanya didudukkan di kursi mereka bila tidak ada baris kursi kosong dan ditutup dengan selimut.

Lonceng Selama Penerbangan Sebenarnya Kode Rahasia
Berdasarkan postingan Quantas Airlines, awak pesawat biasanya menggunakan sistem lonceng sebagai sarana berkomunikasi di kabin.

Pesan-pesan berpadu ini bisa tentang apa pun, seperti jumlah sisa makanan ringan hingga turbulensi yang terdeteksi di jalur penerbangan.

Pada kesempatan langka, lonceng bisa menjadi sinyal dari kokpit yang menyampaikan keadaan darurat atau perubahan rute.

Masker Oksigen Darurat Hanya Bisa Digunakan Selama 15 Menit
Masker oksigen darurat yang jatuh di pesawat biasanya hanya dapat memompa oksigen selama sekitar 12 hingga 15 menit. Namun Anda tak usah panik. Sebab, waktu yang dibutuhkan pilot untuk menurunkan pesawat ke ketinggian aman lebih cepat dari masa oksigen itu.

Paling penting adalah pakai masker Anda secepat mungkin karena risiko pingsan cuma butuh 30 detik setelah tekanan kabin menurun ke tingkat yang tidak aman.

Toilet Pesawat Dapat Dibuka Dari Luar
Toilet pesawat hanya memberi Anda ilusi privasi. Anda benar-benar dapat membuka kunci pintu toilet dari luar melalui mekanisme kunci eksternal, yang biasanya tersembunyi di bawah tanda dilarang merokok.

Kendati terbilang aneh, maskapai membuat mekanisme kunci pintu toilet tersebut demi alasan keamanan.

Lampu Redup Dimaksudkan Agar Mata Beradaptasi Saat Evakuasi Potensial
Awak pesawat tidak berusaha membuai Anda tidur dengan lampu yang meredup saat tinggal landas.

Hal ini sebenarnya dilakukan agar mata dapat menyesuaikan kegelapan, sebagai antisipasi jika terjadi kesalahan saat lepas landas atau mendarat. [GP]

SHARE