Tips Manjakan Rambut Panjang Bagi Kaum Adam - Male Indonesia
Tips Manjakan Rambut Panjang Bagi Kaum Adam
MALE ID | Looks

Persoalan mengenai bagaimana merawat rambut panjang tidak selalu dialami oleh wanita. Kaum adam yang memanjangkan rambutnya pun kerap kali dipusingkan dengan hal tersebut. Banyak dari mereka belum menyadari betapa pentingnya merawat rambut panjang secara rutin.

Male Indonesia

Menurut David Alexander, ahli perawatan rambut pria, perawatan yang baik sangat disarankan dalam memelihara rambut panjang. Ketika rambut rusak maka rambut tersebut tidak dapat diperbaiki, karena pada dasarnya rambut hanyalah protein tanpa asupan darah. "Satu-satunya cara memperbaiki rambut rusak adalah dengan memotongnya," kata David.

Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi. Sudah susah-susah memelihara rambut dari pendek hingga panjang, pada akhirnya terpaksa dipotong. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kerusakan tersebut dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara seperti yang disebutkan di bawah ini. Antara lain:

  1. Jangan malas untuk keramas. Menurut anjuran para ahli, disarankan bagi pria berambut panjang/gondrong agar keramas setidaknya dua kali sehari. Dan jangan sekali-kali menggunakan air hangat/panas untuk keramas, karena air hangat bisa membuat kandungan minyak dalam rambut menghilang.
  1. Mengikat rambut supaya lebih rapi. Hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu aktivitas. Gunakan alat pengikat yang elastis dan jangan mengikat rambut terlalu kencang karena dapat menyebabkan rambut rontok.
  1. Hindari penggunaan handuk untuk menggosok rambut. Selain membuat rambut menjadi kusut, rambut juga berpotensi menjadi bercabang. Harap hilangkan air yang ada di rambut dengan menggoyangkannya. Hindari pula penggunaan hairdryer karena alat tersebut juga bisa merusak rambut.
  1. Potong rambut beberapa centimeter setiap satu bulan sekali. Tidak perlu memotongnya hingga pendek. Cukup beberapa centimeter saja antara 1-2 cm, supaya menghilangkan rambut bercabang.
  1. Jangan menggunakan penutup kepala seperti topi atau kupluk. Sering menutup kepala dengan topi dapat menyebabkan rambut rontok karena kerusakan akar rambut.
Selama kita merawat rambut panjang dengan rutin dan benar, maka usia rambut panjang akan bertambah. Tidak hanya itu, pria dengan rambut panjang yang bagus bisa mengundang perhatian dari wanita. Entah karena iri, atau malah terpesona dengan rambut panjang anda!

 

SHARE