Penyebab dan Cara Cegah Jerawat di Punggung - Male Indonesia
Penyebab dan Cara Cegah Jerawat di Punggung
MALE ID | Looks

Jika Anda pernah memegang punggung Anda dan mendapati bejolan kecil, mungkin itu hasil dari jerawat punggung. Tapi Anda jangan anggap itu sama dengan jerawat di kulit wajah Anda. Meski berbeda, jerawat punggung juga sama, bisa disembuhkan.

Photo by Yousef Espanioly on Unsplash

Jerawat punggung dikenal juga dengan 'bacne', masalah kulit yang memengaruhi banyak pria, terutama di musim panas. Meski punggung pria tidak begitu terekspose seperti wanita, bukan berarti tidak menjadi sasaran jerawat. Mengapa bisa seperti itu?

Penyebab Timbulnya Jerawat Punggung
Pria memiliki kadar keringat lebih banyak, dan semua orang tentu setuju bahwa setiap orang pun akan berkeringat sepanjang hari. Tetapi apa hubungannya dengan jerawat punggung? Meski keringat bukan alasan utama terjadinya jerawat punggung, tetapi bisa menjadi salah satu yang bertanggung jawab.

Faktanya jerawat punggung ini karena pakaian Anda yang dapat menyumbat pori-pori punggung Anda. Hasilnya jerawat di area punggung timbul. Artinya, bahwa penyebab utama dari jerawat punggung ini adalah pakaian. Lalu bagaiman cara mencegahnya?

Pilihlah kain pakaian Anda yang bisa 'bernafas', seperti katun, linen, atau rayon. Terutama selama musim panas. Dengan begitu kulit Anda akan bisa 'bernafas' dan keringat akan menguap secara alami tanpa menyebabkan kerusakan pada punggung Anda.

Selain karena pakaian Anda. Pria yang memiliki rambut panjang juga akan menyebabkan jerawat punggung. Pasalnya, kelebihan minyak dan lemak di rambut itulah yang menyebabkan timbulnya jerawat di punggung Anda. 

Maka dari itu, ikatlah rambut Anda ketika beraktivitas, baik itu saat bekerja atau sedang melakukan olahraga. Secara tidak langsung juga, Anda perlu merawat rambut panjang Anda agar tidak menyebabkan efek lainnya. 

Cucilah Punggung Anda
Anda mungkin menggunakan produk yang tepat untuk tubuh Anda, tetapi sayangnya, punggung Anda bukan yang paling mudah diakses untuk dibersihan. Ketika mandi, gunakan bantuan seperti sikat mandi yang memiliki pegangan panjang. Karena itu bisa membantu Anda dengan sangat efektif. Namun, Anda juga perlu memerhatikan sikatnya. Carilah sikat yang lembut dan diigunakan dengan cara yang lebut pula. 

Selain itu, jerawat punggung memerlukan bantuan khusus ketika Anda mandi. Pilihlah gel pencuci badan yang memiliki kandungan Salicylic Acid. Penggunaan teratur akan mengurangi jerawat di punggung dan membantu membersihkan kulit Anda. Juga, ingat untuk mandi segera setelah rutinitas yang membuat tubuh Anda dipenuhi berkeringat. *** (SS)

SHARE