Tips Sederhana Jaga Keselamatan Saat Berlibur | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tips Sederhana Jaga Keselamatan Saat Berlibur
Sopan Sopian | Relax

Pergi traveling di zaman yang serba gadget, tentunya tidak bisa dilepaskan begitu saja. Apalagi fungsi gadget sekarang, khususnya ponsel, bisa bermanfaat untuk mengabadikan momen-momen tertentu. Sehingga setelah liburan, ada kenangan yang bisa dibawa pulang.

liburan - Male IndonesiaPhoto by Robson Hatsukami Morgan on Unsplash

Kendati seperti itu, Anda juga perlu kewaspadaan adanya kejahatan cyber. Artinya, Anda perlu berpikir soal keamanan cyber itu sendiri. Apalagi kartu kredit Anda terhubung dengan ponsel pintar Anda. Tidak hanya itu saja yang perlu Anda perhatikan saat pergi berlibur. Keselamatan fisik Anda juga perlu dijaga. Untuk itu, berikut beberahapa hal yang bisa mengantisifasi kejahatan cyber dan kejahatan terhadap fisik saat Anda melakukan perjalanan liburan.

Tips Aman dari Kejahatan Cyber
Hal utama yang perlu Anda lakukan untik keamanan atau terhindari dari kejahatan cyber adalah mematikan jaringan WiFi di ponsel pintar Anda. Karena pada dasarnya, beberapa tempat liburan sekarang menyediakan jaringan WiFi gratis untuk para pengunjung, khususnya di hotel, resort, tempat makan, dan lain sebagainya. Bagi 'fakir' WiFi, tentu ini adalah kesempatan berharga. 

Namun, dibalik kesempatan itu, Anda perlu berhati-hati akan kejahatan cyber lewat sambungan WiFi ini. Karena siapapun yang memiliki niat kejahatan, dapat memalsukan salah satu jaringan ini (WiFi). Sehingga para penjahatan bisa menyusup dan mengambil data dalam seluler Anda.

Maka dari itu, lebih baik, Anda matikan jaringan ini dan jangan terpesona dengan akses WiFi gratisan. Selain terhindar dari kejahatan cyber, saat Anda mematikan WiFi juga bisa menghemat daya baterai.

Gunakan VPN
Nah, ini mungkin bagi yang akun berselancar dan tergoda dengan jaringan WiFi. Ketika tiba-tiba ada jaringan WiFi yang tidak dikenal masuk ke ponsel pintar Anda. Gunakan VPN atau Virtual Private Network. 

Saat Anda terhubung dengan akses WiFi gratis, semua data Anda berjalan di udara dan rentan untuk dibaca siapapun. Dengan memanfaatkan penyedia VPN yang dapat dipercaya, Anda dapat menyembunyikan aktivitas jaringan dan data Anda dari mata orang lain. 

Install Prey
Fungsi ini adalah sebagai mata terakhir ketika ponsel atau laptop Anda hilang saat liburan. Prey memungkinkan atau bisa melacak dan menemukan ponsel, laptop, atau tablet Anda. Aplikasi ni juga gratis untuk Anda unduh. 

Gunakan Kata Sandi
Ponsel Anda jangan lupa untuk dibubuhi kata sandi yang rumit. Sehingga ketika orang lain berhasil mendapatkan ponsel Anda dengan diam-diam, mereka tidak bisa membuka ponsel Anda. Sehingga mereka akan sia-sia. 

Karena jika tidak, ketika pencuri berhasil membuka ponsel Anda. Bisa saja pencuri memanfaatkan akun WhatsApp Anda, email, atau perangkat lain di dalamnya, bahkan bisa jadi atm virtual Anda.

Tips Aman dari Kejahatan Fisik
Saat liburan, tubuh Anda adalah aset berharga, maka dari itu kerap ada himbauan Anda jangan sampai lengah saat melakukan perjalanan liburan. Karena sesuatu hal buru bisa saja terjadi, seperti perampokan, bencana alam, penipuan, dan lain sebagainya. 

Untuk itu, hal paling utamanya adalah, cari tahu lebih detil tempat tujuan yang ingin Anda datangi. Karena setiap kota, negara, atau destinasi wisata, memiliki aturan, masalah, budaya, penipuan yang berbeda-beda pula. Bagaimana cara mencari tahunya?

Berselencarlah di internet, cari blog yang mengulas hal-hal detil tentang tempat tujuan Anda. Ketika Anda tidak menemukan informasi itu, Anda bisa bergabung di group Facebook atau bertanya pada pihak hotel, losmen setempat. 

Simpan Kontak Penting
Ketika Anda datang pada sebuah tempat liburan, Anda biasa akan diberikan sebuah selebaran yang didalamnya ada kontak bantuan yang bisa dihubungi. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Ketika Anda pergi ke negara lain, catat kontak penting baik alamat atau nomor telpon kedutaan Indonesia di negara tersebut. Bahkan Anda juga bisa menyimpan nomor telepon polisi setempat, ambulan, atau nomor rumah sakit di negara/tempat wisata yang Anda kunjungi.

Simpan Barang Bawaan dengan Baik
Nah hal ini kadang terlupakan, meski dalam pikiran selalu terlintas. Saat berlibur, Anda terkadang lupa dengan barang bawaan Anda. Maka dari itu, ketika Anda bepergian dan menginap di hotel dan tempat penginapan lainnya. Jangan lupa untuk menguncinya. 

Jika Anda seorang pelupa, minta teman Anda untuk mengingatkan. Setiap barang yang Anda bawa tentu adalah barang berharga, baik itu laptop, uang, ponsel, dan lain sebagainya. Jangan ceroboh agar liburan Anda menyenangkan. *** (SS)

SHARE