Tips Menghadapi Gempa Bumi saat Traveling - Male Indonesia
Tips Menghadapi Gempa Bumi saat Traveling
MALE ID | Relax

Gempa bumi dengan kekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang kota Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 8 Agustus 2018 lalu mengakibatkan jatuhnya korban. Sedikitnya 44 orang meninggal dunia, dan lebih dari 50 orang luka-luka.

gempa bumi - Male IndonesiaPhoto by goodfreephotos.com

Hal ini otomatis menjadi peringatan bagi Anda yang berniat traveling. Perlu persiapan serta kewaspadaan tinggi, apalagi jika tempat tujuan wisata Anda rawan akan gempa bumi.

Bagaimana caranya? Simak rangkuman kami yang dihimpun dari berbagai sumber.

Selalu siaga, terutama di tempat yang masuk wilayah cincin api
Traveling ke negara cincin api memerlukan riset dan spekulasi kondisi cuaca yang matang. Walau memiliki panorama alam yang menakjubkan, kawasan cincin api dikenal rawan bencana.

Banyaknya gunung berapi dan lempeng bumi di perairannya membuat area cincin api rentan terhadap gempa dan gunung meletus.

Jadi ada baiknya Anda pelajari dulu kondisi destinasi yang hendak dituju sebelum berangkat, termasuk lokasi berlindung yang aman.

Jangan menyalakan api saat terjebak di dalam ruangan
Terjebak di dalam ruangan adalah kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Salah satunya kebocoran gas. Pertama, Anda harus membuka jendela jika memang masih dapat dibuka agar gas yang terkumpul di dalam ruangan keluar.

Kemudian, jangan pernah menyalakan korek api. Jika gas bocor dan terkumpul di dalam ruangan, ruangan tempat Anda bernaung akan meledak.

Berlindung di bawah meja
Kalau Anda sedang berada di dalam hotel atau tempat menginap, perhatikan akses menuju luar bangunan. Jangan nekat berlari keluar bila jaraknya cukup jauh, lebih baik cari perlindungan di bawah meja yang kokoh.

Hindari menggunakan lift untuk evakuasi, karena besar kemungkinan listriknya dimatikan dan Anda malah akan terjebak di dalam. Pakailah tangga darurat yang disediakan di tiap bangunan atau gedung bertingkat.

Cari ruang terbuka yang lapang
Kendati berada di luar ruangan, MALEnials juga harus paham ke mana tempat berlindung. Menjauh dari bangunan merupakan salah satu opsi yang dapat dilakukan ketika terjadi gempa bumi, karena berisiko terkena reruntuhan bangunan.

Di samping itu, menjauhlah dari pohon besar dan tiang listrik. Cari lapangan luas yang Anda rasa cukup aman. [GP]

SHARE