Harley Davidson Siapkan Motor Bergenre Adventure | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Harley Davidson Siapkan Motor Bergenre Adventure
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Bila disebutkan nama manufaktur Harley Davidson (HD), yang barangkali muncul di benak MALEnials adalah motor cruiser atau touring dengan mesin V-Twin berkapasitas besar dan suara knalpot yang memekakkan telinga.

harley-davidson.com

Lantas, bagaimana kalau Harley Davidson merilis produk yang tidak biasa? Ya, manufaktur asal Wisconsin, Amerika Serikat itu dikabarkan tengah menyiapkan sederet produk baru yang secara genre jauh berbeda dari stigma orang mengenai HD.

Produk baru tersebut antara lain motor bergenre adventure, street fighter, motor berkubikasi ‘mungil’ hingga sepeda listrik. Rencananya semua produk itu akan mulai dihadirkan pada 2019 mendatang.

Apa yang direncanakan Harley Davidson ini sontak menggegerkan para penggila roda dua. Bagaimana tidak, pasar yang diincar sudah dihuni oleh pesaing mereka, seperti BMW Motorrad, Triumph, Royal Enfield, KTM dan masih banyak lagi.

Seperti dilansir dari Cycleworld, Michelle Kumbier selaku Senior Vice President and Chief Operating Officer mengatakan bahwa ini merupakan hal yang tidak pernah mereka buat sebelumnya.

“Sangat berbeda bagi kami untuk sekadar mencari sensasi dan memberi tahu Anda segala sesuatu yang akan kami lakukan selama beberapa tahun ke depan. Namun, kami bersemangat pada arah yang dituju,” kata Michelle.

Salah satu model yang digadang-gadang yaitu HD Pan America, motor bergenre adventure berkubikasi 1.250 cc, konfigurasi mesin V-Twin 60 degree, DOHC, disertai pendingin cair dan transmisi 6 speed.

Harley Davidson Pan America mengadaptasi swing arm model baru, kaliper Brembo, suspensi Showa, crash bar, serrated footpegs, engine guard dan handguard. Velg depan dan belakang memakai jari-jari.

Motor ini siap menantang sejumlah pesohor macam Honda Africa Twin, Triumph Tiger 1200, BMW R1200GS dan KTM 1190 Adventure di pasar moge adventure.

Sedangkan di kelas street fighter, Harley Davidson sejatinya sempat masuk melalui pabrikan rekanan mereka, Buell. Namun kini, mereka percaya diri dengan menggarap sendiri motor bermesin V-Twin 975 cc berpendingin cair tersebut.

Lawan yang sudah menanti mereka, pastinya Ducati Monster, Yamaha MT-09, Triumph Speed Triple hingga KTM 1290 Super Duke.

Tidak ketinggalan, mereka juga membidik pasar Asia lewat motor-motor bermesin kecil di rentang 250-500cc. Selama ini, pabrikan asal Amerika itu mulai merasakan kesuksesan pasar motor menengah dengan HD Street 500 dan Street 750 di Asia.

Bahkan, proyek motor ramah lingkungan HD LiveWire pun disiapkan untuk menemani produk-produk sepeda listrik HD yang akan dirilis. [GP]

SHARE