Surga Bawah Laut yang Memukau di Tanah Kalimantan - Male Indonesia
Surga Bawah Laut yang Memukau di Tanah Kalimantan
MALE ID | Relax

Wisata bahari yang dimiliki tanah Kalimantan memang luar biasa, dan dari sekian banyak destinasi, terselip kepingan surga bawah laut yang bernama Pulau Maratua.

Photo credit: M Reza Faisal on VisualHunt / CC BY-NC-ND

Dengan hamparan laut biru dan pasir putih, Pulau maratua memberikan pengalaman wisata yang berbeda dari tempat-tempat bawah laut lainnya.

“Maratua adalah salah satu destinasi wisata menakjubkan yang ada di Kabupaten Berau. Pasir putih pantai sangat bersih, sehingga sangat ideal untuk menjadi pilihan berlibur,” kata I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementrian Pariwisata.

Di sini, para penyelam seolah-olah menemukan surga bawah laut yang hilang. Pulau yang kerap dijuluki Maladewa-nya Indonesia ini juga punya terumbu karang indah dan aneka jenis ikan untuk menemani wisatawan menyelam.

“Tidak heran, banyak penyelam menyebutnya surga. Cukup banyak diving spot di Pulau Maratua, antara lain Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden dan The Channel,” ujar Pitana.

Suasana senja di Maratua pun tidak boleh Anda lewatkan. Keheningan dan deburan ombak menyapu seiring air laut pasang menawarkan sensasi berbeda. Begitu pula saat matahari terbit.

Di pulau ini, MALEnials tak perlu khawatir bertemu ubur-ubur dan terkena sengatannya. Pasalnya, ubur-ubur di Maratua cukup jinak. Sehingga Anda bisa menyelam bersama ratusan spesies ubur-ubur.

Lokasinya berada di Danau Haji Buang. Perjalanan hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit menaiki perahu dari Maratua untuk tiba di area danau berwarna biru ini.

Dari segi aksesibilitas, Maratua juga cenderung mumpuni. Buat wisatawan asal Ibukota, bisa melalui Tarakan atau pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau.

Bagaimana dengan penginapan? Maratua telah memiliki resort atau cottage yang bisa menjadi pilihan utama para turis. Soal pelayanan tak perlu diragukan, sebab semua cottage di sana berstandar internasional.

Sehingga tidak salah jika wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung ke Maratua. Pelayanan kelas atas, akses memadai serta panorama alam luar biasa, menjadikan pulau ini wajib masuk ke daftar destinasi liburan.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia merupakan juara destinasi bahari. Dan hal itu sudah diakui dunia dengan berbagai penghargaan.

“Maratua adalah salah satu kekayaan yang kita miliki. Pesonanya banyak menggoda wisatawan. Kalau tidak percaya, silahkan datang dan buktikan sendiri,” ujar Arief.

Satu yang pasti, suasana cozy di Maratua cocok membangkitkan gairah Anda bersama si dia. Mengapa tidak coba melakukan sesuatu yang sedikit ‘nakal’ selama berada di sana? [GP]

SHARE