Cara Mengubah Instagram Layaknya Aplikasi Kencan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Cara Mengubah Instagram Layaknya Aplikasi Kencan
Sopan Sopian | Digital Life

Sebutkan aplikasi kencan yang ada di ponsel pintar Anda? Atau sebutkan aplikasi kencan yang menurut Anda populer? Mungkin yang terlintas adalah Tinder. Tidak salah, karena Tinder memang menjadi salah satu aplikasi terlaris saat ini.

Photo by Erik Lucatero on Unsplash 

Namun, rasanya Anda belum mengenal lebih jauh bagamana Instagram, sebuah media sosial yang tak terlintas sebagai aplikasi kencan, bisa menjadi salah satu aplikasi kencan paling populer. Bagaimana bisa?

Sebut saja namanya Rudianto, ia adalah seorang pekerja konfeksi di Kabupaten Cirebon. Ia seorang pria yang aktif dalam urusan mengunggah cerita (stories) Instagram setiap kali bepergian. Namun lebih sering ketika ia berada di Bandung. "Senang bisa kembali mengunjungi Kota Kembang," begitu tulisan yang tercantum dalam video yang diunggah dalam stories Intagramnya.

Awalnya biasa saja, mungkin ia sedang melakukan perjalanan tugas untuk mengantar konfeksi yang ia jalani untuk dipasarkan di Bandung. Namun, sayangnya ternyata itu memiliki motif tersembunyi. "Saya juga bingung, awalnya saya juga cuma iseng, tapi justru aku dapet wanita dari Instagram," tuturnya.

"Awalnya nyari dari hastag, terus saya follow. Ada beberapa sih, nggak cuma satu atau dua, tapi ada yang follback. Terus belum saya chat tuh, tiap ke Bandung instastories aja terus. Sambil kerja sambil jalan-jalan, eh ada yang inbox, nanya soal background wisata saya tuh pas di Bandung, dari sanalah awalnya saya menemukan wanita," cerita Rudiato.

Ada yang ketiggalan, kata dia, awalnya setelah saling follow, Rudi begitu sapaannya juga mengaku kerap menyukai postingan-postingan wanita dari Bandung yang saling berteman itu. Barulah, bermain dari stories dan berlanjut dengan perbincangan online. 

Cerita seperti Rudioanto ternyata terjadi juga di Australia, mengutip laman Executive, seorang wanita mendapatkan seorang dambaan hati lewat Instagram. "Ini caraku bagaimana saya mendapatkan kencan, saya membiarkan orang lain tahu saya di mana dengan memunggah gambar atau video, dan kemudian Instagram melalukan sisinya," kata wanita yang tak disebutkan namanya itu.

Menurutnya jika menggunakan aplikasi kencan seperti Tinder, ia tidak memiliki waktu untuk saling menyapa dan mencari pria dengan cara menggeser foto. Dengan instagram, kata dia, entah bagaimana lebih asik dan lebih cepat. "Saya bisa melihat foto lebih banyak dari orang itu," katanya.

Atas dua cerita di atas, mungkin bagi Anda yang malas harus mengunduh aplikasi kencan, Anda bisa memanfaatkan Instagram sebagai aplikasi kencan Anda. Lalu bagimana caranya?

1. Berpikir Sebelum Mengunggah Foto
Semua orang secara tidak langsung tentu setuju, apa yang pertama kali diunggah bertindak sebagai kesan pertama Anda bagi orang lain. Sehingga inilah waktunya untuk mempertimbangkan jenis konten yang Anda letakan di media sosial ini.

Artinya, posting atau ungglah foto yang memiliki nilai positif bagi Anda dan lingkungan pengikut Anda di Instagram. Berikan gambar yang semenarik mungkin. Bisa dengan gambar humor (karena semua tahu, wanita suka pria humoris). Jangan sesekali mengunggah foto di mana wanita bisa menganggap Anda pria narsis. 

2. The Power of Caption
Jika dalam aplikasi kencan, amunisi utamanya adalah kalimat yang Anda kirimkan pada target yang akan Anda sapa. Di Instagram adalah caption atau keterangan foto yang Anda unggah. Jangan memberikan caption yang datar dan biasa. Jangan pula begitu pendek. 

Berikan tulisan yang menarik. Bila perlu, berpikir lebih lama sedikit agar caption Anda menarik perhatian. Hindari pula bahasa alay atau bahasa yang  menunjukan Anda pamer. Karena itu tidak begitu disenangi oleh wanita. 

3. Kebenaran Stories dan Foto
Bercerita di media sosial dalam hal ini adalah Instagram, benar-benar mengubah cara Anda menggunakan media sosial itu sendiri. Mungkin beberapa orang tidak minat untuk menyukai atau mengomentari foto Anda, tetapi mereka akan melihat kisah Anda.

Di sinilah bagimana Instagram menjadi aplikasi kencan potensial Anda. Menunggu orang lain terpesona dengan konten Anda. Jika ingin mengunggah video, jangan memgambil dari video orang lain, bidiklah gambar atau video langsung dari ponsel Anda. Berikan suara dibelakangnya tentang kejadian atau situasi tertentu. Karena sekali lagi, orang akan melihat cerita Anda. *** (SS) 

SHARE