Inovasi Teknologi Mencegah Kecelakaan Berkendara - Male Indonesia
Inovasi Teknologi Mencegah Kecelakaan Berkendara
MALE ID | Digital Life

Laka lantas atau kecelakaan lalu litas bisa terjadi mulai dari gesekan kecil hingga yang fatal setiap 30 detiknya. Bahkan, biaya yang dikeluarkan akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 518 miliar USD, di mana setiap negara membelanjakan sekitar 1 hingga 2 persen untuk hal ini. 

Dengan kata lain, sebesar 2 hingga 6 persen dari total GDP dunia dihabiskan oleh ketidak-efisienan berlalu lintas. Melihat hal tersebut, Discoperi, salah satu perusahaan startup di bidang industri otomotif, mengklaim telah berhasil mengembangkan sebuah perangkat berbasis teknologi informasi unik yaitu Sistem ‘Eye’, yang berguna untuk memprediksi dan mencegah laka lantas atau kecelakaan lalu lintas. 

Jika diterapkan secara global, Sistem ‘Eye’ dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas hingga 25 persen sekaligus menghemat 1% dari GDP dunia. Founder & CEO Discoperi, Alex Bondarenko, meyakini bahwa Sistem ‘Eye’ tidak hanya dapat menyelamatkan nyawa manusia tetapi juga menumbuhkan kesehatan ekonomi dengan penghematan 1 persen dari total GDP dunia.

Perlu diketahui, Sistem ‘Eye’ merupakan sistem pengawasan video cerdas berdasarkan algoritma AI, big data, protokol jaringan berbasis blockchain dan jaringan kendaraan yang terhubung secara terdesentralisasi (decentralized network of connected vehicles/DNCV). 

Terpasang pada kaca depan setiap kendaraan, alat ini dapat memperoleh data-data lalu lintas (situasi jalan raya, karakteristik kendaraan, perilaku pengemudi), memprediksi kemungkinan terjadinya kecelakaan dan menginformasikan pengemudi mengenai kondisi-kondisi yang sangat berbahaya.

Alex Bondarenko mengklaim bahwa Sistem ‘Eye’ ini benar-benar cocok bagi siapa saja yang terkait dengan kendaraan. Sebut saja armada angkutan darat, penyewaan mobil, perusahaan asuransi, angkutan jemputan sekolah, pemerintahan kota dan polisi. Pilihannya tidak terbatas. 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa, Discoperi sangat berkehendak menjadikan keselamatan dan kepentingan pengemudi sebagai prioritas utama dan bertujuan untuk membangun masyarakat global yang terdesentralisasi sepenuhnya. Dengan platform transaksi data (DTP) yang memudahkan anggota masyarakat berbagi data secara aman, sangat mungkin bagi para pengemudi untuk memutuskan berbagi data dengan siapa pun. 

Meski begitu, nampaknya Anda juga perlu memperhitungkan dari perusahaan yang menciptakan Sistem 'eye' ini. Pasalanya discoperi telah meraih berbagai penghargaan di bidang solusi berkendaraan secara aman berdasarkan teknologi blockchain seperti 15 besar perusahaan startup terbaik di Spanyol dari ICEX, 20 besar perusahaan startup otomotif dari Ford Motor Co, 50 perusahaan startup paling inovatif dari The New York Venture Summit, dan lain-lain.  *** (SS)

SHARE