Tips Pakar Google, Nikmati Dunia Maya Lebih Aman | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tips Pakar Google, Nikmati Dunia Maya Lebih Aman
Gading Perkasa | Digital Life

Wawasan luas akan teknologi tidak menjamin Anda aman berselancar di dunia maya. Sebab penjahat siber akan melakukan segala upaya agar data pengguna internet berhasil diretas.

pixabay

Namun jangan khawatir. Justin Schuh, insinyur keamanan komputasi terbaik yang dimiliki Google angkat bicara. Pria yang sempat malang-melintang di sektor pertahanan siber seperti IBM, korps marinir AS hingga NSA ini punya tips buat Anda yang ingin aman berselancar.

Apa saja tips yang dimaksud? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Business Insider.

Hindari Komputer Publik
Langkah pertama, hindari komputer publik (umum). Misalkan Anda terpaksa menggunakannya, jangan mengakses situs, layanan, aplikasi, atau berbagai hal lainnya yang bersifat pribadi, terutama kegiatan online yang melibatkan kebutuhan finansial semacam perbankan.

“Menjaga kegiatan online seorang pengguna internet adalah pekerjaan berat. Maka dari itu, jagalah diri Anda dengan membatasi apa yang Anda lakukan secara online di komputer publik,” kata Schuh.

Manajemen Password
Gunakan password berbeda untuk setiap akun Anda. Mungkin terasa sulit bila Anda harus mengingatnya, tetapi saat ini sudah ada fasilitas aplikasi manajemen password yang bisa dimanfaatkan.

“Kuncinya adalah manajemen password, bukan mengingatnya. Ini sangat brilian dan memudahkan kita para pengguna internet,” ujarnya.

Autentikasi Dua Faktor
Terapkan autentikasi dua faktor bila memungkinkan. Sistem keamanan ini sudah dipakai oleh hampir seluruh layanan berbasis internet yang sifatnya sensitif, khususnya perbankan online. Tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan sistem tersebut.

“Serangan siber berkurang hingga dua kali lipat ketika autentikasi dua faktor diterapkan dan pengguna sadar akan manfaatnya,” tuturnya.

Jangan Asal Mengunduh Plugin
Jangan asal mengunduh plugin. Ketika Anda mengunjungi sebuah situs, ada banyak sekali promosi pengunduhan plugin software secara gratis yang ditawarkan.

Beberapa di antaranya bahkan memberi informasi palsu berbunyi, “software yang digunakan di komputer Anda sudah usang dan membutuhkan update”.

Hampir semua plugin cuma-cuma di dunia maya mengandung malware. Tidak semuanya berbahaya, namun alangkah baiknya mencegah daripada menjadi korban kejahatan siber.

“Kami sudah melihat banyak hal buruk terjadi ketika seseorang sembarangan mengunduh plugin. Kami bekerja keras untuk menanggulangi masalah ini,” ucap Schuh.

Update Browser
Pastikan browser Anda selalu update. Fitur keamanan pada sebuah browser harus terbarukan, mengikuti tren serangan siber yang juga semakin dinamis. [GP]

SHARE