Tak Lekang Oleh Waktu, Dewa Metal Asal Inggris | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tak Lekang Oleh Waktu, Dewa Metal Asal Inggris
Gading Perkasa | News

Di tahun 2015, Iron Maiden membuat pengumuman yang menghebohkan dunia metal. Bukan cuma mengumumkan perilisan satu album, tapi dewa metal asal Inggris itu bahkan merilis album-dobel pertama mereka sepanjang sejarah.

maxpixel

Berdurasi 92 menit, The Book of Souls menampilkan 11 lagu baru Iron Maiden, termasuk lagu penutup epik berdurasi 18 menit berjudul Empire of the Clouds. Album ini mendapat reaksi positif dari penggemar metal di seluruh dunia.

Mereka melahirkan album pertamanya di tahun 1980. Tidak ada unsur ekstrem nihilistik, brutal dan mendorong batas genre. Jenis musik yang mereka mainkan selalu sama.

Sepanjang perjalanannya, line up Iron Maiden tergolong stabil sejak era 80-an, kendati Bruce sempat absen sementara dari tahun 1993 hingga 1999 dan bolak-balik memasang gitaris Adrian Smith dan Janick Gers.

Lalu kenapa orang masih begitu antusias bahkan mengelu-elukan mereka? Karena Iron Maiden merupakan grup heavy metal gelombang pertama, dan masih salah satu yang terbaik.

Bruce dkk. memunculkan vokal melengking dan permainan gitar kejar-kejaran bagi banyak anak generasi muda yang marah dan tersesat kala itu. Setiap lagu mereka sarat akan pengetahuan sastra dan teatrikal, bervariasi dan tak lekang oleh waktu.

Terlebih lagi, album-album terakhir mereka masih mempertahankan ambisi dan energi band. Jadi jelas, mengapa album The Book of Souls sangat disukai penggemarnya.

Perjalanan Heavy Metal
Dibandingkan aliran seperti blues, jazz atau rock n roll yang sudah memiliki sejarah panjang, heavy metal agaknya ‘belum’ terlalu tua. Beberapa band metal angkatan pertama masih aktif sampai sekarang, biarpun usia semakin menggerogoti.

Para pelakunya mulai menunjukkan degenerasi fisik. Dunia bawah tanah harus menerima fakta bahwa tak sedikit dari mereka telah pergi terlebih dahulu. Sebut saja Ronnie James Dio, Cliff Burton, Jeff Hanneman, Darrell “Dimebag” Abbott, Lemmy dan lain-lain.

Apabila menghitung dari awal kelahiran Black Sabbath di 1968, heavy metal kini berumur setengah abad. Tidak mengherankan dalam beberapa tahun terakhir terdengar kabar seputar masalah kesehatan para pesohor musik metal.

Vokalis Judas Priest, Rob Halford sudah menjalani berbagai operasi punggung dan pinggang. Tony Iommi, gitaris Black Sabbath terkena limfoma non-hodgkin pada 2012. King Diamond sempat terkena serangan jantung.

Semua itu menjadi fakta bahwa kondisi pahlawan-pahlawan di ranah heavy metal semakin menua. Mereka seolah menegaskan, tidak ada yang abadi.

MALEnials tahu apa keabadian sesungguhnya? Run to the Hills, Sweet Leaf, Raining Blood, Fear of the Dark, Cemetery Gates serta banyak lagi lagu yang mustahil dilupakan begitu saja. Iron Maiden dan heavy metal takkan pernah mati. [GP]

SHARE